FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

23 April 2007 07:41 AM

BOB (13) Kejuaran BOB Kelas Umum: Jabar-1 Kapinis Juara Umum

Source: Humas BOB
Merebut nomor Head to Head dan Down River River Race, Tim Jabar-1 Kapinis tak terbendung untuk meraih mahkota Juara di Kelas Umum Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional Best of the Best Serayu – 2007, walau hanya meraih peringkat 6 di nomor Slalom. Sejak awal Tim Jabar – 1 ini diunggulkan di Kelas Umum Kejuaraan ini, karena kemampuannya yang tak jauh berbeda dengan seniornya Kapinis di Kelas Best of the Best. Muka baru Kasembon Rafting dari Jawa Timur malah tampil mengejutkan, dengan merebut nomor Slalom, yang menjadi spesialis Tim-Tim arung Jeram dari Jawa Timur. Tim Kasembon ini secara teknis juga dibina oleh Songa Rafting dari Jawa Timur.

Tim tuan rumah Serayu Rafting, cukup memberikan perlawanan yang berarti dengan meraih peringkat 4 Overall, satu langkah pertama yang bagus bagi Serayu Rafting yang baru kali ini memasuki dunia kompetisi arung jeram, walau tentu saja kali ini mereka diuntungkan sebagai tuan rumah. Tim Piranha Marinir, Tim yang juga baru terbentuk yang merupakan gabungan pedayung Marinir Surabaya dan petarung Jeram dari Pengcab FAJI Malang dan dibina oleh Noars , mulai memperlihatkan keganasan walau sementara harus puas di peringkat 5 Overall Kelas Umum. Sementara Tim WOA dari Luwu Timur Sulawesi Selatan, yang mestinya diharapkan jadi kuda hitam karena diperkuat oleh Leo, salah satu skipper kawakan dari Tanah Toraja, hanya menunjukkan prestasi bagus di nomor Slalom yang menjadi andalannya, mereka menjadi runner up di nomor ini. WOA Lutim kini bertengger di peringkat 6 Overall.

Tim Kaki Langit yang sempat meraih peringkat 4 Overall di Asahan 2006, kali ini belum menunjukkan peningkatan prestasi dan hanya meraih peringkat 8. Tim Macan Banten binaan Satuan Brimob dan Pengda FAJI Banten sementara harus puas di peringkat 10 besar, walau sempat masuk 5 besar nomor Down River Race. Tim Macan Banten juga mendapat pelatihan dan bantuan teknis dari Kapinis Jabar.

Dari beberapa pandangan para peserta, kompetisi arung Jeram yang diselenggarakan oleh Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) semakin maju dan matang secara teknis penyelenggaraan. Dengan perkembangan seperti ini, ke depan FAJI perlu merumuskan kembali Sistem Kompetisi Arung Jeram Nasional yang berkwalitas, dengan tetap membuat 2 (dua) kategori lomba dengan sistem peringkat, Kelas Best of the Best yang bisa dianggap sebagai Divisi Utama, dan Kelas Umum yang bisa dianggap Divisi Satu. Di Kelas Best of the Best nanti nya diisi oleh Tim yang saat ini menduduki peringkat 1–7 Best of the Best atau peringkat Nasional, dan Rangking 1-3 Kelas Umum yang naik peringkat. Dengan demikian terjadi keseimbangan pertarungan, peningkatan kwalitas persaingan dan prestasi. Sistem peringkat juga perlu disusun dengan mempertimbangkan keikutsertaan dan prestasi Tim-tim dalam kompetisi yang digelar. Demikian juga dilakukan pemeringkatan Kompetisi, salah satunya dengan memperhitungakan faktor peringkat para peserta yang berpartisipasi.

FAJI yang kini telah berusia lebih dari 11 (sebelas) tahun perlu merancang satu grand desain dan strategi pengembangan dan pembinaan prestasi, agar arung Jeram bisa setara kemajuannya dengan cabang olah raga lainnya. Pelatihan berjenjang, termasuk training for trainer, riset dan pengembangan perlu dimulai, selain penyelenggaraan sirkuit kompetisi yang teratur dan terencana. Ini akan menjadi modal yang cukup kuat bila FAJI hendak menghantarkan prestasi arung Jeram menuju jenjang internasional.

Akhirnya Kejuaraan Arung Jeram BOB di Serayu ini di tutup dengan segala kesan yang mendalam dari para peserta dan panitia, atas segala keramah tamahan yang tulus dari penduduk Desa Singamerta dan dukungan Pemda serta masyarakat Banjarnegara pada umumnya. Demikian juga gadis-gadisnya yang ramah, hawa sejuk, bentangan alam hijau, dan aliran Serayu dengan jeram-jeramnya akan selalu menjadi kenangan manis bagi semua… untuk kembali dan kembali. Matur nuwun sanget....(BdY)
 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org