FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

22 April 2007 11:13 AM

BOB (9) Berita Media : Arus Liar Juarai Kategori Head-to-Head

Source: Jurnal Nasional
 

JURNAL NASIONAL : Sabtu, 21 April 2007. TIM Arus Liar asal Jakarta untuk sementara memimpin kejuaraan nasional (Kejurnas) Arung Jeram 2007 setelah menjuarai kategori head to head sprint pada perlombaan hari pertama di Sungai Serayu Banjarnegara Jawa Tengah, kemarin.

Dengan catatan waktu
lima menit 53,80 detik, tim Arus Liar mengungguli Kapinis dari Bandung (06:02,55), Songa dari Surabaya (06:00
,00), dan Dolphin, tim yang beranggotakan pasukan marinir, yang mencatat waktu enam menit 08,81 detik.

Kapten tim Arus Liar, Nanang Suryana mengungkapkan kunci keberhasilannya pada lomba yang menempuh jarak 1.200 meter itu terletak pada strategi untuk menempati unggulan teratas setelah mencatat waktu tercepat pada babak penyisihan. "Sebagai unggulan, atau seeding, pertama, kami mendapat lawan dengan peringkat terendah dan bisa memilih posisi start," kata pria berusia 29 tahun asal Sukabumi itu usai perlombaan.

Dengan strategi tersebut, pada perebutan gelar juara saat berhadapan dengan Kapinis, Tim Arus Liar yang diperkuat Nanang Suryana, Unang, Yus Yuswandi, Andi Suherli, Aceng, dan Abu Hanifah mampu mempertahankan posisi terdepan tanpa pernah didahului lawan. "Posisi saat start sangat krusial karena begitu kita sudah di depan, akan sulit didahului lawan," kata Nanang.

Dengan kemenangan di perlombaan kelompok Best of The Best tersebut, Arus Liar, yang pernah menjadi juara umum pada kejurnas Arung Jeram 1997 dan 2001 ini, membuka peluang untuk tampil sebagai juara umum kembali dan sekaligus mewakili Indonesia untuk mengikuti kejuaraan dunia di Korea Selatan. Best of The Best merupakan kelompok elit yang merupakan sepuluh peringkat hasil kejurnas 2005 lalu di Sungai Citarum, Jawa Barat.

Sebelum melaju ke final, Arus Liar menggulung tim kuat asal Jawa Timur, Songa di semifinal. Sedangkan di perempat final, Arus Liar mengalahkan Regulo Elger, juga dari Jawa Timur.

Selanjutnya, kejuaraan Arung Jeram akan diteruskan dengan mempertandingkan kategori down river race untuk kelompok best of the best maupun umum. Down River Race yang menempuh jarak sekitar
lima
kilometer, lebih menekankan pada kondisi stamina dan ketangguhan otot pendayung.

Lalu pada hari Minggu (22/4) kejuaraan akan dilanjutkan dengan kategori slalom yang Down River Race yang menempuh jarak sekitar
lima
kilometer, lebih menekankan pada kondisi stamina dan ketangguhan otot pendayung. Kejuaraan Arung Jeram berlangsung pada 20-22 April dengan diikuti 10 tim. Penyelenggara Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) menyediakan hadiah Rp37 juta.

(Abdul Razak )

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org