FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

22 April 2007 07:50 AM

BOB (6) : Jatim Kuasai Arena Serayu 2007

Source:

Jatim Kuasai Arena Serayu 2007

 

Dalam Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional BOB kali ini dari Jatim menyertakan sekaligus 5 (lima) Tim. Pengda lainnya Jawa Barat mengirimkan 3 (tiga) Tim, DKI 3 (tiga) Tim selain tambahan 2 (dua) Tim Marinir . Dari Jatim, 3 (tiga)  Tim diantaranya masuk Kelas Best of the Best, dan 2 (dua) Tim di Kelas Umum. Dari 5 (lima) Tim, 4 (empat) diantaranya Operator Arung Jeram, Songa – Regulo – Noars dan Kasembon Rafting, dan satu Tim Gabungan Marinir & Pengcab Malang, Piranha.

 

Hari pertama lomba hasilnya tidak begitu mengecewakan, 3 (tiga) Tim Jatim masuk ke 3 besar, Songa meraih posisi 3 di Kelas Umum nomor Head to Head. Sementara di kelas Umum, Kasembon Rafting sebagai pendatang baru langsung meraih posisi runner-up dan Piranha di posisi ke tiga . Dia hari kedua lomba, Tim Songa juga tetap bertahan di peringkat 3 klasemen umum Kelas BOB, sementara Kasembon Rafting meraih posisi Runner-up di peringkat overall kelas Umum.

 

Prestasi Jatim saat ini memang cukup membanggakan, sejak bertarung di tingkat Nasional tahun 2004 di Kejuaraan Terbuka Rongkong 2004, Jatim selalu berhasil meraih podium. Di Rongkong, posisi 3 dan 4 diraih oleh Songa dan Noars. Di Kejurnas Citarum 2005, kembali dua tim ini meraih posisi yang sama, dengan komposisi sedikit berbeda, Noars di peringkat 3 dan Songa di peringkat 4. Bahkan satu Tim Jatim lagi, Regulo Rafting secara mengejutkan mencuri kemenangan di nomor Slalom, nomor yang paling membutuhkan skill dan kemampuan membaca arus-jeram. Kemenangan ini membuat Regulo mampu meraih peringkat 7 nasional, dan mendapat tiket di Best of the Best kali ini. Tahun 2006, Noars bahkan meraih prestasi yang cukup bergengsi dengan menaklukkan jeram Asahan yang terkenal itu, dengan meraih Juara 1, dan menyapu kemenangan di semua nomor lomba.

 

Prestasi Jatim ini tidak lepas dari konsistensi para Operator arung jeram di Jatim untuk meningkatkan kwalitas teknik para pemandunya dengan ikutserta dalam kompetisi arung jeram. Demikian juga Pengda FAJI Jatim mendorong pembinaan prestasi yang lebih terarah. Totok Nurdianto, Ketua Harian Pengda FAJI Jatim menyatakan, “Kami menyelenggarakan Seleksi Daerah (Selekda) untuk menghadapi Kejuaraan Best of the Best, ini langkah awal untuk melakukan pembinaan dan penyelenggaran kompetisi arung jeram di Jatim di masa depan. Jatim tidak ingin hanya menjadi peserta, tapi kami juga akan menyiapkan kompetisi tingkat nasional”. Totok Nurdianto yang juga tokoh LSM lingkungan di Jatim, hadir di Serayu untuk menyemangati Tim Jatim. (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org