FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

18 April 2007 01:57 PM

BOB (3) Dieng & Arung Jeram : Ebiet G Ade diantara Kolone Senapan

Source: faji.org

 

Berbagai rangkaian kegiatan digelar dalam rangka Kejuaraan Arung Jeram Best Of the Best Serayu 2007, yang diselenggarakan tanggal 16-17 April 2007, diantaranya PB FAJI menggelar training juri di Jakarta yang dilanjutkan tanggal 19 April di Serayu, yang melibatkan seluruh perwakilan Pengda yang hadir. Peserta akan mendapat Sertifikat Pelatihan Juri setelah mengikuti test.

 

Pada Tanggal 19 April, juga dilakukan Bakti Sosial di kawasan lomba, sekaligus Pendaftaran ulang untuk melengkapi kelengkapan administrasi Peserta. Adapun Upacara Pembukaan Kejuaraan dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Sigaluh, yang tidak jauh dari arena lomba. Malamnya acara dilanjutkan dengan Technical Meeting yang mengundang Manager/Captain dari seluruh Tim Peserta.

 

Tanggal 20 April, Kejuaraan akan dimulai dengan melombakan nomor Time Trial atau uji waktu, untuk menentukan urutan kepesertaan, yang dilanjutkan dengan salah satu nomor utama lomba Head to Head Parallel Sprint. Dalam nomor ini dua Tim peserta akan langsung adu kepala, adu cepat di lintasan lomba sepanjang 800 meter dengan sistem gugur, dan dipertemukan dengan tim lain yang memenangkan pertarungan, sampai didapat satu pemenang, dan urutan waktu terbaik.

 

Hari Sabtu, 21 April, akan digelar nomor Down River (pengarungan) yang merupakan nomor lomba dengan point tertinggi. Peserta akan di lepas dua-dua, dalam interval waktu tertentu mengarungi jeram Sungai Serayu sepanjang 6 km lintasan. Dalam nomor ini tidak saja diuji kekuatan dan kemampuan teknis namun juga ketahanan fisik, suatu kemampuan yang tidak bisa dibangun dalam waktu cepat. Hanya latihan yang teratur dan terstruktur yang dapat mendukung daya tahan anaerobic, yang menjadi kunci uji ketahanan fisik yang dipertandingkan dalam nomor ini.

 

Minggu, 22 April, yang merupakan hari terakhir Kejuaraan, akan dilombakan nomor Slalom, salah satu nomor lomba paling menarik, karena dalam nomor ini dipertontonkan keunggulan teknik masing-masing Tim, yang dirangkai dengan keterpaduan dan kekompakan mendayung melalui halang rintang yang sengaja dirancang untuk mengekplorasi seluruh kemampuan teknis Tim peserta. Setelah nomor Slalom berakhir, Panitia menggelar acara fun rafting untuk memberikan kesempatan kepada para rekan pewarta dari media dan undangan lainnya untuk mencicipi liarnya jeram Sungai Serayu.

 

Acara penutupan yang meriah sekaligus pengumuman dan penyerahan hadiah akan diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Banjarnegara. Atraksi Kolone Senapan, rangkaian Kembang Api serta pertunjukan musik oleh Ebiet G Ade, pemusik ternama yang baru kali ini tampil kembali di kampung halamannya, akan meramaikan suasana penutupan.

 

Selama kegiatan Panitia menyediakan Media Center yang dapat digunakan oleh seluruh pewarta media memproses dan mengirimkan informasi ke kantor atau ke masyarakat pembaca dan pemirsa. Beberapa komputer dan jaringan internet disiapkan oleh Pemda Kab. Banjarnegara untuk mendukung fasilitas di Media Center ini. Kerja pewarta juga didukung berbagai fasilitas lainnya seperti pemondokan (home stay), transportasi lokal dan perbekalan. Pemda Kab. Banjarnegara memang ingin memanfaatkan acara Kejuaraan Arung Jeram ini untuk mepromosikan pariwisata di wilayahnya. Dataran Tinggi Dieng yang terkenal itu, adalah salah satu asset utama pariwisata di Banjarnegara, selain wisata arung jeram yang kini sedang serius dirintis bersama Serayu Rafting. (BdY)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org