FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

17 April 2007 05:44 PM

BOB (2) Pertarungan dari Asahan ke Rongkong : kuda hitam

Source: faji.org

 

Kejuaraan Arung Jeram Best of the Best Serayu 2007. Di Kelas Best of the Best bertengger para raksasa arung jeram Indonesia, DKI - Arus Liar EIGER, Jabar - Kapinis dan Jatim - NOARS yang diperkirakan akan habis-habisan bertarung memenangkan Kejuaraan dan membuktikan menjadi yang terbaik diantara yang terbaik. Arus Liar yang kini tidak diperkuat lagi oleh Abo, skipper paling berpengalaman yang pernah membawa Arus Liar merajai arung jeram Indonesia, akan tetap ngotot untuk merebut kembali mahkota. Abo kini menjadi Pelatih Tim Arus Liar.

 

Kapinis yang kehilangan para pedayung-pedayungnya yang masuk Pelatnas PODSI (Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia), pasti tidak mau begitu saja menyerahkan medali juara, Kang Wawan sang Pelatih pasti punya taktik jitu untuk tetap memenangkan Kejuaraan paling bergengsi kali ini. Dan NOARS, Tim yang paling berambisi memenangkan Kejuaraan, yang secara spartan berlatih berbulan-bulan, pasti jauh lebih siap lagi memenangkan pertarungan, seperti halnya saat mereka menaklukkan jeram dan lawan-lawannya di Asahan, bulan September 2006 lalu.

 

Beberapa Tim lapis kedua seperti, FAJI Sumut, Regulo dan Songa Rafting dari Jatim, juga tidak bisa dianggap remeh begitu saja. FAJI Sumut kali ini datang dengan Tim yang jauh lebih solid, memastikan akan memberikan kejutan di Serayu. Tim Sumut yang dikenal dengan teknik kombinasi dayung rowing (seperti Kapinis) yang sempat memberikan perlawanan  seru kepada Arus Liar EIGER di Asahan (2003), Rongkong (2004) dan Citarum 2005 (Rank : 6), dan mendapat kesempatan berlatih dengan Tim Nasional Korea bulan Februari 2007 lalu di Asahan, pasti punya semangat besar untuk memenangkan lomba.

 

Regulo Rafting, yang satu group perusahaan dengan Arus Liar, yang pada Kejurnas Citarum 2005 lalu secara mengejutkan merebut nomor bergengsi Slalom, juga akan unjuk gigi. Tim Regulo – B, bulan lalu memenangkan Selekda di Jatim, hanya saja mereka bebesar hati untuk tidak mengirim 2 (dua) Tim Serayu kali ini, dan memberikan jatahnya pada Tim Jatim lainnya. Tim Songa Rafting dari Jatim dalam Kejuaraan ini juga pasti ingin pulang membawa Trophy, seperti yang mereka dapat ketika merebut Juara 3 di Rongkong 2004 lalu. Di Citarum 2005, mereka hanya kalah satu peringkat dari NOARS, dimana Songa hanya masuk Rangking 4 tanpa membawa satu Trophy pun,  sementara NOARS dan Regulo boleh berbangga dengan kemenangan. Adu prestasi dan persaingan gengsi para operator wisata arung jeram di Pekalen Probolinggo ini, akan mewarnai serunya pertarungan di Serayu.

 

Tim Militer yang di Kelas BOB ini diwakili oleh sepasang Tim Dolphin – Arwana, kali ini pasti ingin memberikan yang terbaik, setelah terseok di beberapa Kejuaraan terdahulu. Tim-tim Marinir ini sebelumnya merajai kelas Amatir Nasional, namun setelah tidak ada lagi perbedaan kategori, Tim-tim Marinir ketinggalan oleh para Tim Operator Arung Jeram, dan Juara Nasional Kapinis.

 

Para peserta Kelas Umum, pasti tidak mau hanya dianggap penggembira dalam even Kejuaraan ini. Di Kelas Umum akan bersaing beberapa Tim Pengda yang cukup potensial untuk naik ke Kelas  BOB yang akan datang.

 

Dari peta kekuatan terdahulu, Tim Jawa Barat yang dimotori Kapinis diperkirakan akan merajai arena. Tim Kapinis B biasanya tidak jauh kekuatannya dengan Kapinis A yang kini Juara Nasional, jadi kalau mereka berlomba di Divisi Satu alias Kelas Umum, bukan persoalan besar bagi mereka untuk mengalahkan lawan-lawannya. Kalau saja Waraney atau Apostolos bertarung di Kelas Umum ini, pasti akan cukup seru persaingannya, namun sampai tulisan ini di up load belum jelas kehadiran Tim Sulut di Kejuaraan ini, walau mereka telah mendaftar  di putaran awal.

 

Perlawanan seru mungkin hanya datang dari Kasembon Rafting, Operator Arung Jeram dari Kabupaten Malang –Jatim  yang merupakan muka baru di percaturan kompetisi arung jeram Indonesia. Tim-tim Militer dan Brimob diperkirakan akan kesulitan di nomor-nomor tehnik seperti Slalom, apalagi kondisi Serayu yang debitnya cukup tinggi akan membawa rintangan tersendiri bagi mereka, tapi Tim Brimob dari FAJI Banten yang dipersiapkan cukup lama dan dilatih oleh Kapinis, akan termotivasi untuk melakukan perlawanan. Namun boleh jadi Tim WoA dari Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan akan memberikan kejutan dan menjadi kuda hitam, Sungai Rongkong telah menempa mereka menjadi petarung jeram yang cukup handal. Kita lihat saja. (BdY)

 

 

Daftar Peserta Sementara :

Kelas BOB : (1) Jateng – Progo Rafting (2) DKI – Dolphin (3) Jatim – Songa Rafting (4) Jatim – Noars Rafting (5) DKI - Arus Liar EIGER (6) Jatim – Regulo Rafting (7) Jabar – Kapinis (8) Sumut – Naga Mas (9)  DKI Arwana (10) Jambi

 

Kelas Umum : (1) DKI – Kaki Langit (2) Kalbar – Kapuas Beranyot (3) Jateng - Serayu Rafting (4) Jatim – Kasembon Rafting (5) Jatim – Piranha (6) Sulut – Waraney/Apostolos (7)  Pengda Jawa Barat – Kapinis B (8) Sulsel – WoA Lutim (9) Banten – Brimob (10) Bengkulu  (11) ISTN Dayung (12) Wigwam Sumsel  (13) DKI – Walet  (14) Lampung Post (15) Jabar - Paskhas

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org