FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

17 April 2007 05:40 PM

BOB (1) Serayu unjuk gigi : hati berbunga-bunga, Piranha bertaburan

Source: faji.org

Sepuluh hari menjelang Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional Best of The Best Serayu 2007, beberapa Tim peserta lomba telah merapat ke Desa Singomerto, Kab. Banjarnegara, untuk beradaptasi dan memulai latihan di Serayu.

 

Nampak beberapa Tim Peserta yang mendahului datang, diantaranya tim-tim dari Jawa Timur, Regulo, Noars Rafting dan Piranha (Gabungan Marinir dan Pengcab Malang). Dari Jawa Tengah Progo dan Serayu Rafting yang juga tuan rumah, dari DKI  Arusliar, dari Jabar Tim Kapinis dan Tim Pengda Jabar, juga Brimob yang mewakili Pengda FAJI Banten, serta yang datang dari jauh WoA Lutim Sulawesi Selatan.  Tim Peserta terus mencoba jalur dan berlatih, mulai dari Desa Tunggoro sampai Singomerto, yang tahun 1997 lalu juga digunakan sebagai arena lomba. 

 

Serayu yang biasanya cukup sepi, kali ini terlihat  meriah tidak saja dengan warna warni perahu, namun dengan banyaknya gadis-gadis lokal yang ikut menyaksikan jalannya latihan dan memberikan semangat. Tak salah bila hati para penggiat arung jeram jadi berbunga-bunga, berkenalan dan disemangati para perawan Tunggoro-Singomerto.

 

Berbeda dengan keramahtamahan para cheer leader lokal, Sungai Serayu kali ini debitnya cukup melimpah, karena masih masuk akhir musim hujan, karenanya bentukan jeramnya cukup menantang bahkan cukup liar untuk diarungi. Sabtu, 14 April lalu, beberapa Tim nampak bersiap berlatih, dengan kondisi TMA 80cm, yang mestinya cukup berbahaya. Tim Piranha yang berlatih didampingi mentornya NOARS Rafting, menabrak tebing di jeram S  (500m s/d 1km dr Start Tunggoro), perahu tidak terbalik (flip), namun hanya 1 (satu) awak yang bisa bertahan di perahu, yang lain bertaburan diantara jeram dan bebatuan Serayu. Satu orang diantaranya sempat ditelan hole dan pusaran, keluar dalam keadaan pingsan, sehingga harus dirawat semalam di Rumah Sakit setempat. Satu korban lainnya yg sempat trauma psikis, dan kini masih dalam masa pemulihan.

 

Kejadian yang mirip juga menimpa Tim PB FAJI yang dipimpin sendiri oleh Lody Korua yang hadir bersama Tim untuk membuat lintasan lomba, dan Tim dari Pengda Jabar yang berlatih pada hari yang sama, kedua perahu menumpahkan awaknya karena dihantam jeram Serayu yang sedang liar. Dengan kondisi ini Panitia menambah jumlah perahu dan awak Rescue, diantaranya bantuan dari Kapinis dan Arus Liar serta rekan-rekan penggiat arung jeram dari Jogjakarta.

 

Beberapa catatan yang perlu disampaikan adalah, beberapa Tim yang berlatih kurang mengindahkan keselamatan pengarungan (safety procedure), dengan tidak menggunakan helm pelindung kepala bahkan pelampung, hal yang mestinya tidak pantas dilakukan oleh tim-tim yang sudah punya prestasi dan reputasi. Pengenalan terhadap sungai mestinya mendapat perhatian lebih, informasi dari masyarakat dan Operator lokal tentang kondisi debit sungai dan bentukan jeram, seharusnya menjadi pertimbangan yang berharga. (BdY)

 

 

Note :

Hasil Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional Best of the Best Serayu 2007, akan ditayangkan di web site FAJI : www.faji.org,di update setiap hari selama Kejuaraan.

 

 

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org