FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

19 March 2007 10:42 AM

Selekda Jatim : Regulo Juara

Source: Pengda FAJI Jatim dan sumber lainnya

Menyambut undangan Panitia Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional Best of the Best Serayu 2007, Pengda FAJI Jatim menggelar Seleksi Daerah (Selekda) dengan sistem kompetisi penuh. Jatim selain mendapat jatah 3 (tiga) Tim di kelas Best of the Best, juga mendapat jatah 1 (satu) Tim di kelas Umum, plus 1 (satu) quota untuk Tim Peserta Cadangan. Selekda digelar tanggal 13-14 Maret di Sungai Pekalen, Probolinggo.

 

Di ruas sungai ini 3 (tiga) operator arung jeram Jawa Timur beroperasi, Songa-Regulo di ruas bawah, Noars-Songa beroperasi di ruas atas. Selekda diikuti 8 (delapan) Tim, 4 (empat) Tim dari operator arung jeram ; Songa B, Regulo B, Noars B dan Kasembon, sementara , 4 (empat) Tim lainnya dari perkumpulan dan Pengcab; Pengcab FAJI Malang, 2 (dua) Tim Marinir - Piranha A & B, serta Tim Kampung Kita dari Kab Probolinggo. Pengcab Kota Batu yang telah terbentuk sebelumnya malah tidak mengirimkan Tim. Songa-Regulo-Noars yang telah mendapat 3 (tiga) undangan di kelas Best of the Best hanya menurunkan Tim B dalam Selekda ini, sementara Tim lainnya ikut serta dengan kekuatan penuh, termasuk operator arung jeram Kasembon yang beroperasi di Kab. Malang.

 

Selekda hari pertama mempertandingkan nomor Down River Race (DRR) dan Slalom, disapu bersih oleh Regulo Rafting, dengan beda waktu yang meyakinkan. Hari terakhir nomor Head to Head (H2H), dimulai dengan keunggulan telak Regulo atas lawan-lawannya di babak penyisihan. Di final nomor H2H, Regulo berjumpa dengan Songa, sampai 3/4 ruas lomba Regulo unggul jauh meninggalkan Songa, namun menjelang finish, perahu Regulo terjebak dangkalan 'jeram stress' yang kondisi debitnya berubah dari awal lomba. Songa yang kemudian menyusul dan mengambil jalur lain, berhasil melampaui Regulo dan merebut kemenagan di nomor H2H.

 

Hasil akhir Selekda Jatim, rangking (1). Regulo B. (2). Songa B. (3). Kasembon. (4). Noars B. (5). Faji Malang. (6). Marinir Piranha A. (7). Kampung Kita. (8). Piranha B. Kemenangan Regulo, walau hanya Tim B-nya, menggambarkan hangatnya persaingan di Jatim menuju BOB Serayu 2007 dan merefleksikan kesiapan Regulo untuk menandingi lawan-lawannya di ajang BOB Serayu 2007. Regulo yang saat ini rangking 7 nasional, memang terpacu untuk menorekan prestasi lebih bagus di pentas kejuaraan arung jeram nasional. Walau meraih Tropy kemenangan bergengsi nomor Slalom dalam Kejurnas Citarum 2005 lalu, Regulo masih harus mengejar prestasi Noars dan Songa yang meraih rangking 3 dan 4 nasional, bahkan saudaranya Arus Liar Eiger yang rangking 2 nasional.

 

Awalnya tim-tim dari operator arung jeram Probolinggo ini hanya menjadikan Selekda sebagai ajang ujicoba, dan persiapan regenerasi tim utama, namun kemenangan mereka di Selekda membangkitkan semangat mereka untuk lebih jauh lagi mengirimkan Tim B nya ke ajang Kejuaraan BOB Serayu 2007. Bagi Tim dari perkumpulan dan Pengcab, sebenarnya mereka berharap sisa quota Jatim ke Kejuaraan BOB Serayu 2007 dapat dialokasikan untuk mereka demi pemerataan dan pembinaan. Namun Pengda FAJI Jatim tetap berpegang pada kesepakatan dan hasil Pelatda, walau tentu hal ini belum tentu memuaskan semua pihak. Lantas siapa yang mewakili Jatim di kelas Umum Kejuaraan Serayu, kita tunggu saja. (BdY)


 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org