FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

25 August 2006 03:29 PM

Peringati Kemerdekaan dengan Arung Jeram : Tim Huuu Laaa…

Source: Fun Trip 2 Volcano : fun-krakatau@gunung.org

Regulo Rafting Adventure-Traveling Life Style (www.regulorafting.com ), salah satu dari 3 (tiga) Operator Wisata Arung Jeram  yang beroperasi di Pekalen Jawa Timur pada tanggal 17 Agustus 2006 lalu mendapat tetamu istimewa, komplotan wisatawan nusantara dari Persekutuan Cyber Adventure-Traveler Fun Trip 2 Volcano (fun-krakatau@gunung.org) juga Komunitas Milis Nature Trekker   < nature_trekker@yahoogroups.com > , yang berjumlah 20 orang. Gerombolan yang berasal dari Bandung dan Jakarta ini melakukan long journey di Jawa Timur selama 5 hari 4 malam. Rafting di Pekalen merupakan salah satu mata acara pokok dalam ItiNEraRY mereka.

 

Di bantaran Sungai Pekalen mereka secara unik melakukan upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 61, dengan upacara yang khidmat namun penuh keceriaan, di tepi sungai Pekalen, Desa Condong Kecamatan Gading, Kab. Probolinggo. Kegiatan ini juga mendapat perhatian khusus dari Media Elektronik, SCTV, yang meliput kegiatan mereka selama perjalanan, dan ditayangkan dalam acara Liputan 6 Pagi segmen Hobby pada hari Sabtu, 19 Agustus 2006. Walaupun ber-adventure, mereka tetap bertampang necis bak keluar salon,  diantaranya lengkap dengan kaca mata layar lebar segede masker diving, bahkan menyiapkan alat snorkeling lengkap, untuk menikmati kejernihan sungai Pekalen.

 

Seperti layaknya Upacara Resmi, acara diisi dengan pembacaan Teks Proklamasi, Pembukaan UUD 45 dan nyanyian lagu Indonesia Raya yang khidmat namun parau, uniknya mereka semua berpakaian full outfit arung jeram, lengkap dengan pelampung, helm, dayung dan sandal gunung. Hanya saja kalau tentara biasanya berparade dengan alusita (alat utama system pertahanan); tank, jeep, kapal perang dan pesawat tempur, para petarung jeram super trendy ini melakukan upacara dengan perahu karet sebagai back ground, gemericik jeram sebagai back sound, jembatan bamboo dan sungai sebagai bingkai.

 

Peringatan Kemerdekaan RI ini kemudian dirayakan dengan Arung Jeram GembiraRia, mengarungi Sungai Pekalen yang berhulu di Pegunungan Iyang (Gn. Argopuro, 3.088 m.dpl) dan Gunung Lamongan (1.671 m.dpl). Walaupun di musim kemarau, Sungai Pekalen ini masih sangat layak diarungi, dan menjanjikan tantangan tersendiri. Komplotan tetamu Fun Trip 2 Volcano, memulai pengarungan dari Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, sejauh 12,5 km ke desa Condong, Kecamatan Gading, Kab. Probolinggo.

 

Tempat Start yang dihiasi tebing-tebing batu andhesit bekas lava ribuan, bahkan mungkin jutaan tahun lalu menjadi pemandangan yang sangat menarik bagi tetamu. Selain Regulo Rafting, Songa Rafting juga memulai pengarungan dari titik ini, sementara NOARS Rafting, satu operator lainnya, mengambil ruas di Desa Ranu Gedang yang lebih ke hulu. Beningnya sungai Pekalen, yang mengalir langsung dari pegunungan, memancing para tetamu untuk berenang-renang bahkan snorkeling, mengamati dasar sungai yang dihiasi batuan dan udang-udang sungai.

 

Selama pengarungan, para pemandu dan tetamu membangun keriangan dengan membentuk berbagai formasi permainan. Masing-masing Tim dirangsang untuk membangun Tim dan memilih yell-yell pembangkit keriangan, dan kadang diajak saling berlomba, flip-flop, berpacu juga beperang bersimbur-simburan air. Beberapa Tim menamakan dirinya Tim Hore, Tim Horas, bahkan Tim Huu Laaa Huu Laaa.

 

Pengarungan juga melewati jeram Dayung, salah satu jeram paling dahsyat di Sungai Pekalen bahkan dimusim kemarau sekalipun, karena memiliki beda ketinggian sampai 7 – 9 meter. Dibutuhkan instalasi rescue untuk melewati jeram ini dengan dengan aman.  Regulo Rafting, yang telah berpengalaman 5 tahun di Sungai Pekalen, dengan lebih dari 1500 trip, dikenal sangat disiplin menerapkan prosedur keselamatan,  mampu memandu tetamu dengan selamat.

 

Di Rest Area Regulo Rafting, yang terletak di Desa Racek Kecamatan Gading, setelah menikmati hidangan kelapa muda dan jemblem (kudapan  lokal dari singkong dengan cairan gula jawa ditengahnya – bisa menyemprot muka bila salah gigit), para petarung jeram urban ini menikmati satu atraksi langka,  free jump to the river rapid of Pekalen, yang kalau musim kemarau ketinggiannya bisa mencapai 9 meter !!! Dengan pengarahan via Safety Talk dan peragaan dari Pemandu, semua peserta perempuan dan pria, berhasil mengalahkan rasa takut, rasa cemas dan waswas,  melompat dari ketinggian dengan cukup sempurna dan selamat semuanya.

 

Atraksi Lompat Jeram ini sebenarnya cukup berbahaya (kategori : don’t do it at home), kini menjadi salah satu daya tarik utama wisata Arung Jeram di Sungai Pekalen yang disediakan Regulo Rafting - lompatan tertinggi dari atraksi Operator lain di Indonesia !!, selain juga kejernihan air dan  aliran sungainya yang berlangsung sepanjang musim. Belum lagi jeram-jeramnya yang susul-menyusul, tak kurang 27 jeram bernama sepanjang 12,5 km pengarungan, terpanjang diantara Operator Arung Jeram di Pekalen. Landscape, bebatuan dan bantaran sungai Pekalen juga merupakan daya tarik tersendiri, relief batuan andhesit ada yang berbentuk Stegosaurus - Dinosaurus bersirip punggung, hutan jati, sedikit perladangan dan kampung, masih sangat alami, mungkin tak berbeda dengan pemandangan beberapa abad silam. Pemandangan selama musim kemarau, seperti suasana musim semi di Jepang ketika daun-daun berwarna coklat, berguguran…..sungguh satu keindahan yang sulit dilukiskan dan dilupakan.

 

Awalnya tetamu di sambut dengan kudapan Polo Pendem (umbi-umbian) dan hidangan penghangat, dan di akhir Peringatan Kemerdekaan dengan Arung Jeram hari itu di tutup dengan Pesta Kuliner Tradisional khas Probolinggo, selain buffet – all you can eat - ala kampoeng, juga Nasi Kuning dengan lauk pauk komplit, yang merupakan lambang kemenangan, keriangan dan kemerdekaan, “tiada Arung Jeram tanpa kemerdekaan”, begitu kata Budi Yakin (bdyakin@airputih.or.id) , yang memimpin upacara peringatan Kemerdekaan hari itu. Function Hall milik Regulo Rafting yang dihiasi bendera mini merah putih, nyaris runtuh oleh gemuruh riangnya suasana.

 

Menurut Yeyen Nursjid < yeyen_nursjid@yahoo.com > Moderator Komunitas Milis Nature Trekker   < nature_trekker@yahoogroups.com > yang merupakan salah satu inisiator perjalanan ini mengungkapkan bahwa “ Rafting di Pekalen ini merupakan atraksi yang paling mengesankan bagi kami selama perjalanan di Jawa Timur yang panjang, juga satu dream come true, selama ini kami hanya tahu dari posting-posting dan terimpi-impi. Ini sungguh tak terlupakan bagi kami, jeram-jeram Pekalen sungguh dahsyat, katanya kalau full route  harus pengarungan 6 jam ya…. Ok next kami akan datang lagi….”

 

Keriangan mereka dan kemampuan ajaib mereka mendayung setelah kursus singkat dapat kita saksikan dalam dokumentasi unjuk gigi berikut :

 

http://charliesalseros.multiply.com/photos/album/39

http://yenceu.multiply.com/photos/album/71

http://rosaliaheny.multiply.com/photos/album/45

http://ndry.multiply.com/photos/album/13

http://fi2x.multiply.com 

 

Komplotan Persekutuan Cyber Adventure-Traveler Fun Trip 2 Vulcano kemudian melanjutkan perjalanan ke Bromo. Persekutuan Adventure-Traveler ini memang sedang melakukan perjalan panjang di Jawa Timur, bertajuk East Java FUNtastic Trip. Selain Bromo – Penanjakan – Ranu Pane, mereka melanglang ke Tanjung Papuma, debutan atraksi wisata baru di Kawasan Watu Ulo, Jember. Mereka juga mengunjungi kawasan Sendang Biru – Sempu, untuk menikmati dahsyatnya pemandangan alam Lagoon – Segoro Anak, di Hutan – Pulau Cagar Alam Sempu, yang luasnya 857an ha itu.

 

Kota Malang yang terkenal dengan makanan dan kudapannya yang lezat juga menjadi tujuan perjalanan Persekutuan. Kota Batu yang dikenal sebagai the Swiss of the East juga akan mereka jelajahi untuk wisata agro, petik Strawberry, tomat dan buah naga. Cangar yang ternama dengan Air Panas volcanic alam tak telewatkan mereka kunjungi, juga  Goa Jepang Putuk Kursi di kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soerjo mereka masuki untuk uji nyali melawan kegelapan, dan cerita-cerita horror yang melingkupi goa-goa kelelawar di wilayah itu.

 

Malam terakhir perjalanan Persekutuan, dihabiskan di PPLH Seloliman Trawas (www.pplh.or.id), untuk menyaksikan karya arsitektur dan belajar hidup berwawasan alam – lingkungan. Candi Petirtaan Jolotundo peninggalan era Airlangga (abad 11 Masehi), (http://www.wisatanet.com/templete/index.php?wil=4&id=000000000000329 ), merupakan kunjungan hari terakhir, dimana para anggota Persekutuan akan menyempatkan diri merasakan ritual membasuh diri di pemandian yang airnya konon langsung dari Kahyangan itu. Doa-doa dan harapan panjang umur, murah rejeki serta doa enteng jodoh mereka panjatkan pada Yang Maha Kuasa, di per-altaran Candi yang masih terpelihara ini. Di Surabaya yang merupakan titik akhir wisata ria petualangan, mereka mengunjungi Museum House of Sampoerna, yang mengawetkan kisah sukses pelinting kretek kelas dunia. Wisata Kuliner di Kya – Kya kawasan China Town Kembang Jepun, dan adu lengking di Karaoke NAV, merupakan atraksi akhir perjalanan mereka.

 

Menurut Bleem Sudaryanto (bleem@gunung.org) salah tokoh Persekutuan,“ perjalanan Persekutuan Fun Trip 2 Volcano ke Jawa Timur merupakan Trip ke 3, setelah Krakatau - Sebesi Fun Trip, bulan Mei 2006, Krakatau - Sebesi Cycling Festival, Juli 2006”, ujarnya, “dan kami telah merencanakan  Fun Trip @ Cycling @ Krakatau - Sebesi, bulan Sept 2006, juga  Asahan Rafting, Toba - Samosir - Brastagi - Sibayak Cycling Volcano, Sept 2006, selanjutnya adalah petualangan sungai  diantara derasnya Jeram Sungai Katingan dan pedalaman hutan tropis Kalimantan, Fun Trip 2 Borneo : Trans West, Central & South Borneo, Nov 2006“. 

 

Menurutnya, konsep yang dibawa Persekutuan ini adalah membawa komunitas urban melakukan perjalanan ke gunung api dan tempat-tempat eksotis, dengan kegiatan soft adventure yang menantang namun tetap dalam comfort and safety zone, dengan tidak meninggalkan unsur petualangan dan prosedur keselamatan. Peserta kegitaan juga selalu dilindungi polis asuransi perjalanan.

 

Trip ke Krakatau misalnya bagi sebagian kalangan merupakan kegiatan yang musykil dan berbahaya, apalagi dimusim gempa dan tsunami, namun bagi Persekutuan Fun Trip 2 Volcano, dengan segala perhitungan algoritmis tetap dilaksanakan bahkan dibumbui wisata bersepeda, wisata bahari dan wisata pulau-pulau, sehingga menjadi ramuan wisata yang unik. Persekutuan Fun Trip 2 Volcano, dalam melaksanakan kegiatannya, selalu menggandeng partner Regulo Rafting Adventure – Traveling Life Style (www.regulorafting.com ), penyelenggara wisata arung jeram, petualangan dan perjalanan, yang termasuk dalam group usaha Arus Liar Adventure (www.arusliar.co.id) yang ternama dengan  berbagai wisata petualangan. Merdekaaa…... (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org