FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

18 July 2006 11:33 PM

FAJI Luncurkan Standarisasi Pemandu Arung Jeram : IWA Uji Coba

Source: PB FAJI

Seperti dilansir dalam pemberitaan di Web Site FAJI beberapa waktu lalu, (info disini), Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) bersama Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan stake holder arung jeram Indonesia lainnya, sedang menyusun Standar Kompetensi Pemandu Arung Jeram.

Tim FAJI berdasarkan materi dari berbagai sumber, termasuk bahan dari IWA dan pengalaman lapangan, telah merumuskan Standar Kompetensi Pemandu Wisata Arung Jeram (Draft-2), yang materinya dapat di down load secara gratis di Safety Page (http://www.faji.org/?go=safety). Dengan hal ini FAJI berharap lebih banyak lagi masukan dari stake holder dan pihak lain yang berkepentingan dengan standarisasi kompetensi river guide ini, terutama pihak yang concern terhadap pengembangan wisata arung jeram dan aspek keselamatannya. Setiap masukan mengenai Standar Kompetensi ini dapat dikirimkan melalui email PB FAJI (Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia) : pb_faji@faji.org atau alamat surat yang tertera di website FAJI (www.faji.org).

Untuk diketahui, Standar Kompetensi Pemandu yang disusun oleh FAJI saat ini barulah sebagian dari Standar Kompetensi Pemandu Arung Jeram, karena FAJI baru merumuskan aspek penguasaan teknis saja. Sementara aspek pelayanan dan unit kompetensi lain yang diperlukan akan dicangkokkan dari standar kompetensi Pemandu Wisata yang telah berlaku dan distandarisasikan. Masih perlu waktu dan perjalanan yang sangat panjang agar Standar Kompetensi ini dapat dijadikan Standar Kompetensi Nasional, sehingga Indonesia dapat sejajar dengan negara-negara lain yang telah memiliki Standar sejenis.

IWA (Indonesia Whitewater Association) yang merupakan asosiasi pengusaha wisata arung jeram, saat ini sedang melakukan ujicoba Standar Kompetensi Pemandu Arung Jeram yang telah mereka susun beberapa waktu lalu, dan kabarnya telah melakukan sertifikasi Pemandu Arung Jeram versi IWA pada tanggal 28 Juni lalu di Sukabumi, Jawa Barat, dan dilanjutkan di bulan Juli 2006, di Sungai Pekalen, Probolinggo. Namun baik NOARS Rafting (www.noars.com), maupun REGULO Rafting (www.regulorafting.com) dua dari tiga operator Arung Jeram di Pekalen, sampai saat ini belum mendapat informasi yang jelas mengenai kegiatan sertifikasi di maksud. Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu untuk Kwalifikasi Penyelamatan di Sungai bersama Rescue-3 Australia, pernah digelar IWA beberapa tahun silam, kabarnya segera diluncurkan kembali. (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org