FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

01 November 2005 09:22 PM

NEWS - PERS RELEASE | 400 Atlet bertarung di Kejurnas Arung Jeram Citarum 2005

Source: PB FAJI

Untuk kali ketiga Federasi Arung Jeram Indonesia dan Korps Marinir bekerjasama menggelar Kejuaraan Arung Jeram akbar, kali ini kembali menggunakan  Sungai Citarum sebagai ajang Kejuaraan Nasional Arung Jeram 2005. Kejurnas ini akan diselenggarakan pada tanggal 24-27 Nopember 2005, sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Marinir ke 60. Arung Jeram telah menjadi tradisi baru dalam matra kesatuan pasukan pendarat ini, diantara olah raga perairan lain yang biasa digelar di Hari Marinir, seperti Renang Teluk.

Mayjen TNI (Mar) Safzen Nurdin, Dan Korps Marinir yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia, menyatakan “kami di Korps Marinir memang berkomitmen untuk ikut memajukan arung jeram di Indonesia, sebagai bentuk civic mission dan tanggung jawab social, selain tugas-tugas kemiliteran kami. Arung Jeram sangat tepat menjadi wadah pembinaan generasi muda, untuk meningkatkan kapasitas, kecintaan kepada lingkungan, pada tanah air dan memupuk jiwa kebangsaan. Tentu ini secara makro sangat menunjang peran pertahanan Negara”. Dan Kejuaraan yang memadukan Tim dari kalangan sipil dan militer ini diharapkannya memupuk kebersamaan dan rasa saling percaya diantara anak-anak bangsa yang berbeda peran itu.

Peserta Kejurnas datang dari 15 (lima belas) Pengda yang diwakili oleh masing-masing 3 (tiga) Tim dan Instansi Militer sebanyak 20 (dua puluh) Tim, kesemuanya akan melibatkan hampir 400 (empat ratus) pelomba. Lomba di selenggarakan di ruas Citarum yang terletak di Kampung Cisameng Bantar Caringin, Desa/Kec. Rajamandala, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sungai yang debit airnya diatur oleh pintu air Waduk Saguling ini termasuk sungai kelas III dan dapat mencapai kelas IV apabila seluruh pintunya dibuka. Walaupun minim fasilitas, Ruas Citarum ini sangat ideal untuk menjadi ajang lomba Arung Jeram, jeramnya menantang namun cukup aman, karena kemudahan akses untuk operasi rescue dan evakuasi darurat.

Kejurnas kali ini terdiri atas Kelas Putra dan Putri, yang mempertandingkan Lomba Pengarungan (Down River Race), Ketangkasan (Slalom) dan Kecepatan (Head to Head Sprint). Yang secara teknis Kejurnas mengacu pada Peraturan Lomba yang dibuat oleh International Rafting Federation (www.intraftfed.com), dimana FAJI telah menjadi anggota sejak tahun 2001. Di tahun 2001 itu, FAJI telah menyertakan Tim nya di Kejuaraan Dunia Arung Jeram di di Sungai Gauley River, West Virginia,  Amerika Serikat.

Kejuaraan ini akan memperebutkan JUARA INDONESIA, karena tidak lagi dibedakan Amatir – Profesional, bahkan  sipil dan militer akan berlomba dalam Kelas yang sama.  Beberapa Tim unggulan yang selama ini merajai berbagai Kejuaran Arung Jeram seperti Arus Liar – EIGER, FAJI Sumut, WARANEY Manado, SONGA & NOARS operator Arung Jeram dari Jawa Timur, KAPINIS Bandung, memastikan akan bertarung di Citarik. Sementara dari kalangan Militer, tuan rumah ARWANA Marinir, yang juga juara Nasional kelas Amatir, akan menghadapi tantangan Tim terbaik dari BRIMOB Polda Jabar, Paskhas Lanud Sulaiman Bandung, Batalyon Siliwangi 320, Kostrad, Armabar Kolinlamil, Lantamal, AAL, Armatim dan KODIKAL. Belum lagi KOPASSUS yang pasti menurunkan Tim tertangguhnya untuk mengejar target Juara. Sementara di Kelas Putri, tim-tim dari Militer seperti  KOWAD, KOWAL, WARA dan POLWAN dipastikan akan meramaikan pertempuran di Citarum. Tim Putri dari kalangan Sipil seperi MAPALA UI, Aranyacala Trisakti, dan Putri Manado, diperkirakan akan kalah otot walaupun secara teknis lebih unggul. 

Federasi Arung Jeram Indonesia, yang kini memiliki 15 (lima belas) Pengurus Daerah di seluruh Indonesia, telah meluncurkan Web Site (http://www.faji.org) untuk mempublikasikan Kejurnas Citarum 2005. Selain media Cetak lokal-nasional, beberapa stasiun televisi memastikan akan meliput kegiatan akbar arung jeram Indonesia ini.

Media dan rekan-rekan Jurnalis yang ingin meliput kegiatan ini, dapat menghubungi Panitia, dan memberikan kepastian maksimal tanggal 18 Nopember 2005. Kartu PRESS dan Hands out akan disiapkan. Panitia akan membantu kerja jurnalistik dengan memberikan akses data dan fasilitas yang mampu disediakan. Sebelum Kejurnas berlangsung Panitia akan menyebarkan berita dan informasi Kejurnas melalui Press Release dan terutama melalui Web Site Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) di http://www.faji.org  atau http://faji.org. (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org