FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

20 April 2006 05:05 PM

Survey Festival Jeram Katingan KalTeng : ada buaya

Source: PB FAJI

[Baca juga : Survey Katingan : Pendekar Kungfu, Dubes dan Head Hunter  http://www.faji.org/?go=chronicles&id=7 ]

 

Setelah kontak beberapa kali, akhirnya Pemerintah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah melayangkan surat No. 426/46/PORSBUD/2006 tertanggal 17 April 2006, kepada Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI), untuk melakukan penelitian dan kelayakan penyelenggaraan Festifal Arung Jeram di wilayah Kabupaten Katingan. Di Kabupaten Katingan ini mengalir sungai Katingan yang berhulu di Pegunungan Schwaner.

Dari Palangka Raya ibukota Provinsi Kalimantan Tengah, kita harus berkendara lewat darat selama 2 (dua) jam bila cuaca dan kondisi jalan normal, menuju ibukota Kabupaten Katingan di Kasongan. Perlu perjalanan 2 (dua) jam lagi dengan speed boat dari Kasongan, untuk menuju Sungai Katingan yang memiliki ruas berjeram. Riam Mangkikit, Tabera, Kuluk Leleng dan Buntut Leleng, hanyalah sebagian dari puluhan jeram yang menantang di wilayah ini, dan kabarnya masih dihuni banyak buaya (yang buaya ini hanya isyu....untuk nakut-nakuti anda kok....).

Ahmadi (0817 474 1752, punan-nomaden@lycos.com), salah satu perintis arung jeram wisata di Jawa Timur, dan pernah lama berkelana di rimba dan jeram Kalimantan, menyatakan bahwa potensi jeram di Kabupaten Katingan layak untuk dipromosikan untuk kegiatan wisata dan kejuaraan arung jeram. ”Jeramnya menantang, panoramanya menakajubkan dan anda pasti ingin kembali” katanya dalam pesan pendek.

Tim Assesment dari PB FAJI langsung di pimpin Budi Yakin (Sekjen), bersama Dendy Rohendy (Arus Liar Rafting), dan Ricky Alexander (Wakil Ketua Pengda FAJI Jatim). Dendi yang juga dikenal sebagai Abo, salah satu skipper arung jeram terbaik di Indonesia, beberapa kali Timnya merajai Kejuaraan Arung Jeram di Indonesia, walau dalam Kejurnas Arung Jeram 2005 lalu harus mengakui keunggulan KAPINIS – AVTECH Jawa Barat. Sementara Ricky Alexander (0816 522 051 – rickyalexan@yahoo.com) juga dikenal sebagai salah satu pengembang wisata arung jeram di Jawa Timur, dan dikenal mumpuni menggelar even-even kejuaraan arung jeram.

Tim ini akan berangkat menuju Palangka Raya hari Minggu 23 April 2006 dan kembali paling cepat Kamis 27 April 2006. Tim ini juga akan melakukan presentasi kepada Pemkab Katingan tentang potensi penyelenggaraan festival arung jeram di Kabupaten Katingan, setelah assesment berakhir. Mudah-mudahan jeram-jeram Sungai Katingan memang layak untuk dijadikan arena lomba, baik dari sisi alam, akesibilitas dan faisilitas serta infrastrukur penunjang, yang jelas komitmen dan dukungan dari Pemerintah Daerah sudah ada, tinggal stake holder arung jeram dapat memanfaatkan momentum . Kabarnya berbagai peralatan arung jeram, termasuk perahu dan perlengkapannya telah dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Katingan. Jadi kapan lombanya..... (BdY).

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org