FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

27 December 2005 03:46 PM

Kapinis AVTECH Jawara Muara Enim : patahnya dayung berdiri

Source: PB FAJI

Kejuraan Arung Jeram Muara Enim yang digelar Kantor Pariwisata Seni dan Budaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama Kementrian Pariwisata RI, yang pada tanggal 26 -28 Desember 2005, menjadi ajang pembuktian kembali dahsyatnya kekuatan Juara Nasional - yang baru ditasbihkan dalam Kejuaraan Nasional Arung Jeram Citarum 2005 lalu - Tim Kapinis AVTECH. Dikeroyok beberapa Tim ungulan dari Pengda FAJI Sumut, DKI Jaya dan Jambi, Tim Kapinis AVTECH dari Pengda FAJI Jawa Barat tetap tak terkejar menggondol Piala.

Tim Marinir Dolphin dalam kejuaraan ini hanya mampu meraih Runner-up sementara mantan Juara Nasional Arus Liar EIGER – Arwana, hanya meraih posisi ketiga. Tim Marinir Dolphin pernah menjadi Juara Umum Kejurnas Arung Jeram I Sungai Serayu Wonosobo Jateng tahun 1997, juga  Juara Umum II Kejurnas Arung Jeram II Sungai Citarum Jabar tahun 2001, dan meraih Juara 3 kelas Down River Race pada Kejurnas Arung Jeram III di Sungai Citarum Jabar tahun 2005. Dolphin juga banyak diperkuat atlet Dayung Nasional untuk Kelas Rowing dan Perahu Naga, bahkan beberapa diantaranya baru berlaga di SEAGames Manila, 2005.

Arus Liar EIGER – Arwana, kali ini menggabungkan kemampuan manuver para pemandu sungai Citarik dan para atlet dayung yang tergabung dalam Tim Marinir Arwana, juga belum mampu revance atas kekalahannnya di Kejurnas Citarum bulan November 2005 lalu. Nampaknya Arus Liar EIGER harus mencari formula dan formasi yang tepat untuk bisa meraih kembali kejayaannya. Demikian juga teknik ”mendayung berdiri”, yang pernah menjadi fenomena selama beberapa tahun sejak diperkenalkan Arus Liar EIGER di Kejurnas Serayu 1997, harus kembali dieksplorasi. Diharapkan muncul kembali teknik-teknik dayung baru yang mampu mendorong kekuatan dayung para petarung jeram, mengatasi kekuatan para pedayung yang biasa berlaga di arus tenang.

Kapinis AVTECH yang kini diperkuat 4 (empat) pedayung, dan 2 (dua) petarung jeram, salah satunya mantan skipper Arus Liar, saat ini memang sulit dicari tandingannya soal kekuatan dan kecepatan mendayung di jeram. Kejuaraan Arung Jeram Muara Enim 2005, yang hanya mempertandingkan nomor Down River yang lebih mengedepankan kekuatan mendayung, tentu memberi keuntungan bagi kemenangan Kapinis AVTECH yang dikomandani Kang Wawan Purwana dari Bandung ini. Selamat dan Sukses .... (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org