FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

07 December 2005 08:34 PM

Konsolidasi ditengah Kompetisi : petak umpet

Source: PB FAJI

Disela serunya pertarungan antar gang di Kejurnas Arung Jeram Citarum 2005, Pengurus Besar Federasi Arung Jeram (PB FAJI) memanfaatkan momentum berkumpulnya beberapa Pengurus Daerah (Pengda) dan Pengurus Cabang (Pengcab) dalam hajatan kompetisi kali ini. Ketika palu diketuk tanda Captain Meeting yang membahas teknis lomba berakhir, gantian PB FAJI menggelar In Focus memanfaatkan situasi. Pertemuan bertajuk Konsolidasi dan Hearing PB-Pengda FAJI, diselenggarakan selama 2 (dua) malam berturut-turut, Jumat – Sabtu, 25- 26 Nov 2005 di Ruang Briefing Kejurnas Arung Jeram Citarum 2005.

Tokoh-tokoh arung jeram dari beberapa Pengda FAJI hadir dalam pertemuan ini, a.l. Ketua Pengda Jambi (Martua Raja Sihotang , 08127488385 ), Perwakilan Pengda Sumbar (Oji, 08158282776 ), Ketua Pengda Sumut (Johanes Sembiring , 08126566146 ), Mantan Ketua & Penasehat Pengda Sumut (Joni Kurniwawan, 0812 641 7356), Ketua Pengda Kalbar (Suparman, 08125738313 ), Ketua Pengda Jateng (Agung Panca, 081326104327), Perwakilan Pengda Sulsel (Veronika, 081320065373), Perwakilan Pengda Jabar (Rio Anandityo, 08172322256), Penasehat Pengda Jabar( Wawan Purwana, 0817 623 700), Ketua Pengda Sulut (Roy Umboh, 0815 237 44288, 08134040996), Sekum Pengda Jatim (Adi, 0815 530 2552) dan Pengurus Pengda Jatim (Norman). Rapat dipandu oleh Sekretaris Jendral PB FAJI (Budi Yakin, 0818 790063), mewakili rekan-rekan PB FAJI lainnya yang didera kesibukan dan kelelahan menyelenggarakan Kejurnas.

Dalam kesempatan ini PB FAJI melaporkan beberapa hal, a.l. telah (1) terbentuknya Pengda Jatim, Jateng, DKI dan Kalbar, (2) telah diluncurkannya Juklak Kompetisi dan diuji coba dalam Kejurnas Citarum 2005, (3) arah penyelenggaran kompetisi menuju olah raga prestasi, semangat professionalisme dan penyelenggaraan event internasional, (4) permasalahan kurangnya SDM, (5) persiapan keanggotaan di KONI, serta (6) telah diluncurkannya Web Site www.faji.org .

Berkait masalah organisasi Pengda-pengda dan PB FAJI secara umum mendorong dan menyepakati beberapa hal a.l. : (1) agar arung jeram menjadi olah raga prestasi yang terdaftar di KONI, dan meminta PB FAJI segera melakukan proses persiapan, hal ini dimaksudkan untuk mendukung percepatan perkembangan FAJI di daerah, dan kemajuan arung jeram prestasi di Indonesia (2) setelah terdaftar dalam keanggotan FAJI di KONI, agar PB FAJI mengupayakan ikut serta dalam Eksebisi PON 2006, (3) PB dan Pengda terus melakukan konsolidasi internal (Pengda – Pengcab) mengaktifkan pendaftaran Anggota Perkumpulan, Pembentukan Pengcab dan MUSDA Pengda untuk yang sudah habis masa baktinya, serta konsolidasi external (KONIDA, Pemda, tokoh masyarakat, pengusaha dan Sponsor), (4) memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang berjasa merintis dan mengembangkan arung jeram, serta Pemda/Pemprov yang telah mendukung kegiatan FAJI di daerah, dan (5) mempersiapkan penyelenggaraan MUNAS FAJI pertengahan tahun 2006.

Dalam kesempatan itu Ketua Pengda FAJI Jambi Martua Radja juga menyampaikan berita baik tentang rencana terbentuknya Pengda FAJI Bengkulu, dan mengharapkan segera arung jeram menjadi olah raga prestasi dengan terdaftar resmi di KONI, sehingga arung jeram bukan lagi olah raga fungsional atau olah raga masyarakat, sejenis dengan main petak umpet dan lempar kelereng. Suparman, Ketua Pengda Kalimantan Barat, juga menyatakan, ” semangat kebersaman yang dibangun FAJI akan menjadi semangat bagi kami yang baru berdiri untuk segera berkonsolidasi, dan dari kompetisi ini kami akan terpacu untuk meningkatkan kemampuan mengejar prestasi”. Pengda FAJI Jateng juga mendapat tantangan dari para koleganya, agar menjadi host MUNAS FAJI 2006. Hal ini karena banyak para peserta yang mengimpikan berarung jeram di Progo, Elo dan Serayu.

PB FAJI juga diharapkan membantu konsolidasi Pengda-pengda yang kurang aktif atau dilanda konflik, serta bersama Pengda terdekat, mendorong pembentukan Pengda FAJI yang belum ada. Web Site FAJI yang diluncurkan sebelum Kejurnas, juga mendapat dukungan dari Pengda, diharapkan menjadi media pertukaran dan penyebaran informasi, serta menaikkan gengsi organisasi.

Berkait dengan Bina Prestasi dan Kompetisi, dalam upaya menuju ke olah raga prestasi, PB FAJI telah menyiapkan Juklak kompetisi, untuk dibahas via milis khusus, selanjutnya akan ditetapkan sebagai keputusan, materi penjurian juga akan menjadi perhatian. Dengan Juklak Kompetisi yang baru nantinya, Penyelenggaran Kejurda sepenuhnya dilakukan oleh Pengda, dan untuk Kejurnas Pengda pun diberi peluang sesuai kemampuannya. Selain Kompetisi, Sekolah Arung Jeram, Coaching Clinic serta Pelatihan Hakim dan Juri Kompetisi, diharapkan digelar. Dan perlu dibuat Kalender Program dan Kompetisi yang padu, agar terjadi keselarasan waktu dan kegiatan antara PB dan Pengda.

PB FAJI diharapkan juga punya keberanian menyelenggarakan lebih banyak event termasuk kompetisi tingkat Internasional. Disampaikan saat upacara penutupan Kejurnas, Ketua Umum PB FAJI Mayjen TNI (Mar) Safzen Nurdin, juga menyambut gembira hasil pertemuan PB – Pengda FAJI ini, dan akan melakukan kajian dan upaya agar FAJI segera terdaftar di KONI. (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org