FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

02 December 2005 04:21 PM

Pengda Jabar Terbaik, Jatim Unggul di Putra & Jabar di Putri : trio wek-wek

Source: JELAJAH Crew

Pengda FAJI Jabar ditetapkan sebagai Pengda Terbaik dalam Kejurnas Arung Jeram Citarum 2005 dalam Upacara Penutupan yang cukup meriah, yang diakhiri dengan atraksi Kembang Api bak pesta Olimpiade. Bersama Korps Marinir, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) membawa olah raga petualangan arung jeram ke arah tataran elite pergaulan olah raga prestasi. Upacara pembukaan yang khidmat, penyelenggaraan yang terarah dan penutupan yang meriah, mendorong suatu kebanggaan bagi para penggiat arung jeram menapaki langkah maju sebagai olah raga prestasi.

Perhitungan Medali didasarkan atas perolehan Tim pelomba dalam perhitungan Overall :

Medali

Jumlah

Poin

Total Poin

Keterangan

Jawa Barat

Emas

14

10

150

Masing-masing 7 Medali Untuk Kapinis AVTECH Putra dan Putri

DKI

Perak

14

7.5

140

Arus Liar EIGER & DKI Putri

Jatim

Perunggu

7

5

105

NOARS Rafting

Jambi

Perunggu

7

5

35

Jambi Putri

Pengda FAJI Jabar memang berhasil secara tandem mendorong prestasi atlet putra dan putrinya untuk bersama-sama berprestasi di ajang Kejurnas ini. Lewat Kapinis AVTECH Putra dan Putri keduanya menyabet Juara Umum kelas Putra dan Putri. Namun demikian bila saja tiap kelas (Putra & Putri) dan nomor lomba (Down River Race DRR, Slalom, Head to Head Paralell Sprint H2H) masing-masing dihargai medali (7 medali tiap kemenangan) dan poin (emas=10, perak=7.5, perunggu=5), maka konstelasi akan sedikit berubah. Di kelas Putri, Jawa Barat memang masih perkasa, karena Kapinis AVTECH Putri menggondol (14) Medali Emas dari DRR dan Slalom, dan (7) Medali Perunggu dari H2H.

Namun dikelas Putra, konstelasi sedikit berubah, karena kalau di hitung-hitung poin, Jawa Barat sedikit tergeser oleh Jawa Timur dengan trio wek-weknya yang funky dan kompak berprestasi. Jabar yang diwakili Kapinis AVTECH Putra juga meraih (14) medali Emas dari DRR dan H2H, dengan total poin 140. Sementara Jawa Timur Meraih (7) Emas dari Slalom oleh Regulo Rafting, (7) Perak juga dari Slalom oleh NOARS Rafting dan (7) Perunggu dari H2H oleh Songa Rafting. Jadi kalau di total poinnya mencapai 157,5. Sayangnya Pengda FAJI Jatim tak sempat lagi menyiapkan Tim Putri, penambahan kuota untuk Putri hanya sempat dimanfaatkan oleh Jabar dan DKI.

Untuk Kelas Putra, kekauatan Jawa Barat memang hanya bertumpu pada Kapinis AVTECH, sementara 2 (dua) Tim putra Jabar lainnya, Maperpa dan Hiawata, belum mampu mengimbangi. Namun perlu diberi catatan, kalau saja ada kategori untuk Kelas Yunior atau Kelas Kampus seperti di balap Go Kart, Maperpa adalah juara pertama. Walau di peringkat 12 Overall, prestasinya mengungguli Klub Kampus lainnya, bahkan mampu berprestasi lebih dari Apostolos Sulawesi Utara, yang sebenarnya masuk Tim raksasa. Sayangnya kali ini Apostolos tidak dalam puncak prestasinya.

Kedepan, FAJI perlu membuat Kelas khusus untuk Klub Perguruan Tinggi. Walaupun laganya bisa tak berbeda, namun harus ada apresiasi khusus untuk mereka. Kalau tidak, Klub-klub kampus yang juga Klub Pecinta Alam belum-belum akan kehilangan selera untuk berlomba, karena harus adu kepala dengan Tim-tim kuat dari operator Wisata, atau Tim yang diperkuat pedayung naga. Dalam Kejurnas ini disinyalir ada Tim dari kampus yang agak ogah-ogahan mendayung, karena merasa sulit berprestasi. Kalau ini terus terjadi arung jeram Indonesia akan kehilangan banyak bibit petarung jeram yang andal dan berotak. (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org