FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

28 November 2005 02:56 PM

Peringkat unggul rambut jadul

Source: JELAJAH Crew

Berdasarkan prestasi sebelumnya, unggulan Kejuaraan disusun sebelum lomba berlangsung untuk memetakan kekuatan para petarung jeram di arena lomba, tak banyak bergeser dengan hasil lomba. Sepuluh Tim unggulan utama saat itu tak meleset jauh dari hasil Kejurnas Citarum 2005: 

Peringkat Unggulan                         Peringkat Overall Kejurnas 

  1. Arus Liar – EIGER                    1. Kapinis AVTECH
  2. SUMUT 1 - Naga Mas                2. Arus Liar – EIGER
  3. Marinir – Dolphin                     3. NOARS Rafting
  4. Songa Rafting                         4. Songa Rafting
  5. NOARS Rafting                        5. SUMUT 1 - Naga Mas
  6. Kapinis AVTECH                       6. Marinir – Dolphin
  7. Marinir – Arwana                    7. Regulo
  8. APOSTOLOS                             8. Jateng 1 - Progo Rafting
  9. JAMBI B                                   9. Jambi B
  10. Jateng 1 – Progo Rafting        10. Sumut - 2

Hanya Apostolos yang merosot jauh, dari unggulan delapan turun sampai peringkat 13. Dan Marinir Arwana sedikit terlempar dari 10 (sepuluh) besar, ke peringkat 11 (sebelas). Tim Apostolos, yang datang 2 hari menjelang lomba, tentu masih kena jet lag, dan Tim baru bentukan FAJI Sulut ini tak seperkasa Tim Apostolos yang selalu ditakuti dalam berbagai kejuaraan di masa lalu. Bahkan di Kejurnas Citarum 2001, mereka hampir saja merengkuh Juara Umum kelas Amatir. Sulut yang tak lagi pernah hadir di kompetisi, di Kejuaraan Rongkong 2004 di Sulawesi Selatan sekalipun, harus merangkak lagi meuju puncak prestasi. 

Arus Liar EIGER, bagaimanapun masih perkasa, walau kali ini harus mengakui kehebatan lawannya Kapinis AVTECH. Tak pernah memenangkan satu nomor lomba pun, namun Arus Liar EIGER, Runner-up di dua nomor lomba (Down River Race dan Head to Head), dan rangking 4 di Slalom. Menunjukkan kwalitas Tim Arus Liar EIGER yang begitu gigih berjuang walau akhirnya harus melepas gelar. Kemenangan yang tak pernah jeda disetiap arena lomba yang diikutinya sejak 1997, membuat Tim Arus Liar EIGER mendapat tekanan berlebih untuk memenangkan pertarungan. Namun lawan rupanya sudah maju selangkah.  

Kapinis AVTECH tak perlu lagi banyak dikomentari, mereka juara sejati di arena ini, walau terpuruk di Slalom, mereka bangkit dan menang. Kapinis AVTECH, tim yang kuat, berani, berprestasi tinggi  dan rendah hati. Kali ini semua hutang kemenangan mereka telah lunas terbayar.  

Peringkat Overall Tim Jawa Timur juga meningkat pesat, NOARS mampu naik 2 peringkat, dan Songa di peringkat sama, Regulo bahkan melonjak 4 peringkat. Tim Putra Jabar hanya Kapinis yang mampu naik podium, sementara Maperpa (ranking 12) dan Hiawata (ranking 22) jauh tertinggal. Namun Maperpa, jauh lebih unggul dibanding Tim Kampus lainnya, seperti Himapa (rangking 21) dan Mapala UI (ranking 24). Tim Kampus Mapala UI, memang sudah lama tak terjun ke kompetisi, dan seperti diduga, Tim Putrinya yang bergabung di Tim Putri DKI jauh lebih berprestasi, mampu menjadi juara Head to Head yang super ketat peraingannya, dan akhirnya  Runner up Overall Kelas Putri (BdY).

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org