FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

27 November 2005 09:31 AM

Dahsyatnya Gawang Gila : dikuras

Source: JELAJAH

Di nomor pertandingan kelas slalom ini, para tim harus banyak mengerahkan tenaganya dan memainkan strategi. Dua belas gate yang telah terpancang, harus dilewati oleh tim untuk meraih kemenangan. Bahkan  gate 1-6 arus sungai sudah  cukup deras, tak bisa dilewati oleh semua tim dengan mulus, baik putra maupun putri. Dan ketika akan menghadapi gate ketujuh, banyak Tim harus membiarkannya terlewat. Mengapa begitu? Karena tenaga peserta terus dikuras menghadapi arus dan hole yang menjadi tantangan di sungai Citarum. Cukup banyak tim yang dapat melewati gate tujuh dan delapan.

Tapi, jangan kecewa melihat tim yang tidak lolos masuk gate sembilan dan sepuluh. Dua gate tersebut agaknya membawa tantangan yang sangat luar biasa bagi para pelomba. Mereka harus melawan arus agar mulut perahu dapat masuk ke gate. Jarak kedua gate yang agak berdekatan ini ditambah arus yang begitu dahsyat, menyebabkan cukup banyak tim yang terpaksa melepas kedua gate itu. Tim yang melewati kedua gate tersebut dari arah depan bisa dihitung dengan jari. Maka, tidak mengherankan bila banyak orang yang mengatakan kedua gate tersebut ”gawang gila”.

Penonton yang memadati arena berteriak histeris jika ada tim yang berusaha meloloskan perahunya di gate sembilan dan sepuluh. Gawang gila ini teramat sangat menguras tenaga peserta. Skipper harus mengeksplorasi strategi arah perahu. Tidak ada satu tim putri yang menghadapi gawang gila ini. Keempat tim putri terus melaju ke gate sebelas dari bawah jembatan.Gawang gila inilah fokus tantangan slalom kejurnas kali ini.   

Pada gate kesebelas, peserta boleh mengambil nafas sedikit karena arus tidak terlalu liar. Tim banyak yang melewati arah belakang gate ini karena keadaan medan yang tidak memungkinkan. Bayangkan saja mereka harus melawan arus yang agak memutar ke arah kanan. Menuju gate kedua belas (gate terakhir), peserta tinggal mengikuti arus tetapi harus terus menjaga keseimbangan perahu. (Rosa)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org