FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

27 November 2005 09:23 AM

Di Nomor Slalom Tim Kapinis - AVTECH garuk-garuk kepala

Source: JELAJAH

Kembali pertarungan seru antar tim-tim tangguh menghiasi nomor Slalom ini. Tim-tim yang bertanding diurutan akhir merupakan tim-tim yang unggul di nomor Down River. Namun Tim Kapinis AVTECH yang dijagokan banyak orang karena prestasi fenomenalnya di hari pertama, ternyata harus tersisih di tengah tim-tim lainnya, sebut saja Regulo, Marinir Dolphin, Arus Liar-Eiger, Noars, Songa, Sumut 1 dan Sumut 2. Pada putaran pertama, gate lima dan tujuh berhasil mereka golkan. Tidak hanya sampai di situ perjuangan mereka. Di putaran kedua, gate empat, enam, dan dua belas sukses dimasuki. Teriakan penonton paling heboh saat putaran pertama mereka hampir masuki gate sembilan yang terbilang sukar dilalui. Wajah-wajah penuh semangat dan kegigihan yang luar biasa terlihat pada tim ini. Gate sepuluh dan sebelas, baik di putaran pertama maupun putaran kedua berhasil ditembus, hanya saja tersenggol sedikit. Oleh karena itu, mereka harus rela mendapat angka hukuman.

Tim Kapinis – AVTECH yang memang sudah berpengalaman, sebenarnya sangat berkompeten untuk dapat masuk ke gate-gate yang terpasang. Tetapi, lagi-lagi karena arus yang begitu kuatnya dan mungkin juga mental peserta Tim Kapinis – AVTECH yang belum ”naik” menyebabkan mereka harus puas masuk ke gawang dengan sering ”mepet” ke tiang gawang. Soal yang harus dipecahkan para petarung hari ini, sudah diperhitungkan betul oleh pembuat jalur dari Bidang Bina Prestasi PB FAJI, para petarung memang harus garuk-garuk kepala. Untungnya di keseluruhan klasemen (Overall) mereka masih memimpin di urutan pertama.

Skipper tim Kapinis - AVTECH sendiri telah banyak melanglang buana berlaga ke beberapa sungai di Indonesia, sehingga tidak diragukan lagi kemampuannya. Sedangkan, dilihat dari peserta tim Kapinis - AVTECH, mereka adalah tim yang memiliki sarang latihan di Citarum yang dijadikan arena pertandingan. Jadi, kalau ditanya mengenai hole atau pun standing wave di sungai ini, tidak mungkin mereka tidak paham. Atau, jika ditanya adaptasi mereka terhadap Citarum, tentu saja akan dijawab ”sangat dekat”. Lalu, mengapa tim Kapinis hanya berada di urutan ketujuh pada nomor slalom ini? Sedangkan di nomor down river, mereka memimpin para pesaingnya?

Dari sebuah sumber kami mendapat info, para pedayung Kapinis – AVTECH tak semuanya petarung jeram, dayungannya sangat hebat karena beberapa diantaranya para pedayung perahu naga juga seperti halnya Tim Sumut-1 Naga Mas. Demikian juga Tim Kapinis – AVTECH Putri, mereka bahkan sempat berlaga di SEA Games mewakili negeri ini. Tenaga kuat mendayung, belum beradaptasi dengan kemampuan membaca riam dan arus. Itukah jawabannya.... tapi di nomor Head to Head Pararell Sprint yang mengandalkan tenaga, kembali mereka dijagokan menjadi jawara Citarum (Rosa/BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org