FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

23 October 2005 11:56 AM

Arus Liar – EIGER the World Class Team : buaya sungai

Source: Jelajah

Tidak bisa dipungkiri, sejak FAJI menggelar Kejurnas Serayu 1997, prestasi Arus Liar – EIGER belum tertandingi oleh Tim arung jeram manapun di negeri ini. Tim yang sebelumnya berlomba di Kelas Profesional ini, kemudian menjuarai Kejurnas Citarum 2001, bahkan tahun 2003, mampu menaklukkan Tim Pengda FAJI Sumut di kandang sang macan, sungai Asahan yang dikenal dengan jeramnya yang tak kenal ampun. Jeram sungai Asahan di ruas Desa Tangga III - Parhitean, memiliki Grade 4 - 5, mampu menerbangkan seluruh perahu ke dalam jeramnya yang penuh tantangan.

Di Asahan pula, Tim Arus Liar – EIGER mampu mematahkan rekor waktu Tim Internasional dari Jepang yang diperkuat oleh pedayung-pedayung Kayak internasional yang berpengalaman di jeram-jeram besar. Di Kejuaraan Terbuka Rongkong 2004, Tim ini juga mampu membuktikan keperkasaannya. Tim unggulan utama ; Tim FAJI Sumut, SONGA & NOARS Rafting dari Jawa Timur, bahkan sang penguasa Turanggo Buyo – ORARI dari Toraja yang beroperasi di Sungai Rongkong, digasak tanpa ampun. Tim Turanggo Buyo pernah menorehkan tinta perak, dengan menjadi Runner-up di Kejuaraan Arung Jeram Bali 1994, hanya kalah dengan saudaranya SOBEK Bali. Tim Turanggo Buyo, alias buaya sungai, memang dimiliki oleh  SOBEK Expedition, operator arung jeram ternama yang merintis bisnis arung jeram di Indonesia. Wisata arung jeram di Citarik Sukabumi dan Sungai Ayung di Bali, yang kini jadi jadi industri besar wisata alam sungai, juga pengarungan di Sungai Alas Aceh, tidak lepas dari rintisan SOBEK Expedition.

Di Kejuaraan Rongkong 2004, keperkasaan Arus Liar EIGER memang jelas terbukti, Di nomor Slalom yang paling mendebarkan, FAJI Sumut yang dengan sempurna melewati semua halang rintang  dengan angka hukuman 0 detik, dapat dilewati oleh Arus Liar – EIGER yang terkena hukuman 5 detik, dan bisa unggul dengan selisih yang teramat tipis 65/100 detik. Di nomor Head to Head Parallel Sprint, kembali Arus Liar- EIGER mepecundangai FAJI Sumut dengan 9,5 detik. Di nomor Down River Race sebagai pamungkas, mereka mampu meninggalkan saingan dekatnya FAJI Sumut dengan telak 1 menit 16 detik, Songa Rafting 1 menit 45 detik.

World Rafting Championship Oktober 2005 di Equador, Amerika Selatan yang baru saja berlangsung, telah menjadi target berikutnya selepas Rongkong, namun apa dikata, sponsor yang sudah siap, Winning Team yang gampang di mobilisasi, harus berhadapan dengan kondisi bencana besar Aceh yang kemudian menghabiskan sebagian besar konsentrasi dan sumberdaya yang dimiliki Tim Arus Liar – EIGER. Arus Liar – EIGER memang sudah sepantasnya melakukan pengembaraan di pentas kompetisi arung jeram kelas dunia, karena mereka memang the World Class Team. Kini Kejurnas Citarum 2005, hanyalah sebuah sasaran antara dan pemanasan, menuju pentas dunia berikutnya. Menjadi buaya sungai… (BdY)

 

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org