FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

15 November 2005 02:38 PM

Unggulan Utama - Naga Emas dari Medan : juara pelancongan

Source: JELAJAH

Walau dengan persiapan yang sangat mepet, Pengda FAJI Sumut, yang kini menjadi salah satu kiblat perkembangan arung jeram prestasi di Indonesia, benar-benar menurunkan Tim-tim terbaiknya di arena Kejurnas Arung Jeram Citarum 2005. Tim FAJI Sumut I, yang terdiri dari  Rusli, Saiful, Sahidun, Hermansyah, Samsul dan Harunsyah, awalnya merupakan pendayung-pendayung handal perahu naga. Prestasi dan pengalaman mereka dengan perahu berkepala naga bersalut emas sangat  fenomenal, tidak saja menjuarai event perahu naga tingkat nasional juga internasional.

 

Prestasi arung jeram mereka dimulai ketika turun dalam pertarungan Kejuaraan Arung Jeram Gubernur  Sumut 2001 dan langsung menggondol Juara Umum. Selanjutnya mereka selalu mendominasi berbagai Kejuaraan Arung Jeram di Sumatera Utara. Di Asahan Race 2003, Tim ini juga mampu mengimbangi Tim Juara Nasional Arus Liar – EIGER, dan menduduki Runner-up. Sedemikian juga dalam Kejuaraan Rongkong 2004, dalam pertarungan yang amat seru, Tim Arus Liar – Eiger sempat dipecundangi saat start nomor Head to Head, dan Tim Naga Emas dari Medan ini selalu menyulitkan Arus Liar – EIGER, walau akhirnya harus mengakui lawannya dan kembali menjadi Runner-up.  

Teknik dan kecepatan dayung Tim Naga Emas ini memang patut diwaspadai oleh lawan-lawannya. Kejurnas Arung Jeram sebagai satu event besar berkelas Nasional, memang akan mempertontonkan beragam teknik dari para pesertanya. Kalau saja Tim Naga Emas ini mampu meraih juara, maka demam teknik Dayung Naga pasti menjadi  trend dalam Kejuaraan berikutnya. Teknik maneuver mereka juga sangat piawai, dalam nomor Slalom di Kejuaraan Rongkong 2004, mereka meraih angka sempurna, tanpa angka hukuman sedetik pun, sementara Arus Liar-Eiger masih terkena penalty 5 detik. Bersama Tim Arus Liar – Eiger, Tim Naga emas ini menjadi unggulan utama.

 

Tim kedua Pengda FAJI Sumut,  yang terdiri dari Johan T Yaknana, Udara, Putra, Sapta Andika, Charles Simson dan Bukhari, merupakan tim Yunior yang ternyata juga mampu mengimbangi power dan kemampuan Sang Naga. Tim ini merupakan Tim gabungan dari atlet-atlet arung jeram dari berbagai perkumpulan di Sumatera Utara. Tim Anak Naga ini juga memiliki pengalaman bertanding baik di tingkat nasional maupun Internasional. Beberapa kali event yang diselenggarakan Kementrian Pelancongan Diraja Malaysia, digondol oleh Tim ini. Yohannes Sembiring, sang Manajer Tim yang juga pejabat Ketua Pengda FAJI Sumut,  hanya berkata pendek, “kami optimis menempatkan 2 (dua) tim kami di lima besar, salah satunya menjadi Juara”.  Wah yang lain pasti ketinggalan…..  (BdY)

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org