FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

29 November 2014 09:01 PM

Release Pre Wrc 27 November 2014

Source: PB FAJI

Citarik, Sukabumi 27 November 2014

World Rafting Championship (WRC) merupakan ajang lomba tertinggi olah-raga arung jeram. Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) sebagai induk olah raga arung jeram nasional akan menjadi tuan rumah WRC pada 2015. Salah satu syarat menjadi tuan rumah dalam ketentuan International Rafting Federation (IRF) adalah penyelenggaran Pre World Rafting Championship setahun sebelum penyelenggaraan yakni 2014.

Melalui proses penawaran atau biding, Indonesia berhasil mengalahkan Brazil, Australia untuk menjadi tuan rumah WRC 2015. Kesiapan fasilitas penginapan, transportasi, dan pengalaman penyelenggaraan even kejuaraan internasional menjadi pertimbangan IRF. Tentu saja kondisi sungai yang layak dan aman untuk lomba perahu karet dengan enam awak atau R6 (Rafting 6) jadi pertimbangan utama. Ini semua sudah dilalui FAJI pada 2013 setelah dipantau oleh Willie Joe Jones sendiri yang kini merupakan Presiden IRF.

FAJI mengambil kesempatan tuan rumah untuk meningkatkan prestasi arung jeram Nasional. Pada 2010, tim FAJI berhasil mencapai peringkat dua dibawah tuan rumah Jepang pada kejuaraan sama. Pesaing utama bagi Indonesia adalah tim Brazil, Jepang, Kazakhstan dan  beberapa tim Eropa. Menjadi tuan rumah memberikan semangat juang para atlit dan penyelenggara untuk membuktikan Indonesia adalah bangsa juara.

Pre WRC akan diselenggarakan mulai 29 November hingga 4 Desember 2014. Lomba sendiri mulai pada 1 Desember. Sebelumnya akan diadakan kursus juri dan acara pembukaan serta latihan. Pada 1 Desember 2014 ditandingkan Sprint race dan Head to Head, dilanjutkan 2 Desember untuk Slalom race dan 3 Desember 2014 untuk Down River Race.

Sprint race dan Head to Head adalah lomba kecepatan dalam jarak pendek. Head to Head dilakukan antar dua perahu. Slalom adalah kegesitan tim perahu karet melalui gawang yang terbagi atas tiang merah untuk menghulu melawan arus, dan tiang hijau untuk menghilir. Ketiga lomba ini diselenggarakan dalam jarak pendek hingga penonton dapat menyaksikan dari satu tempat awal dan akhir pengarungan.

Lomba terakhir yang bergengsi adalah Down River Race yang menyerupai kegiatan asli arung jeram. Lomba ini mengarungi panjang sungai 12 kilometer. Penonton dapat memilih jeram-jeram menegangkan sebagai area menyaksikan pertandingan.

Penyelenggaraan kejuaraan ini di langsungkan di fasilitas wisata arung jeram Sukabumi, di Kecamatan Cikidang, Kelurahan Citarik, Sungai Citarik. Fasilitas operator arung jeram Arus Liar, Caldera, Kaki Langit dan Selaras akan dimanfaatkan untuk seluruh kegiatan. Pre-WRC didukung oleh Korps Marinir Angkatan Laut Republik Indonesia, dimana Mayjen Mar A. Faridz Washington merupakan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) FAJI. Kementerian Pariwisata, Pemerintah Daerah Sukabumi, Kementerian Pemuda dan Olahraga juga memberikan bantuan untuk penyelenggaran ini.

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org