FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

21 December 2011 05:50 AM

KONI siap menerima FAJI menjadi anggota

Source: PB FAJI

"KONI siap menerima FAJI sebagai anggota", sebagaimana dituturkan Mayjen TNI Tono Suratman, Ketua Umum KONI yang baru saja terpilih dalam Musyawarah Nasional XI. Pernyataan ini dituturkan ketika menerima Amalia Yunita, Tinu Apriliana, Wita Handayani, Wilies Atek dan Engkin di ruang kerjanya gedung KONI lantai 12, Senin, 19 Desember 2011.

PB FAJI memang telah lama merintis kemungkinan menjadi anggota KONI. Walau beberapa diantaranya kurang aktif, PB FAJi telah memiliki perwakilan di 18 propinsi dan masing-masing memiliki pengurus cabang.

Sejak berdiri tahun 1996 FAJI juga telah melakukan pembinaan prestasi dengan menyelenggarakan 6x kejurnas arung jeram, selain kejuaraan terbuka tingkat nasional lainnya. Selain itu juga menjadi tuan rumah dalam kejuaraan resmi yang diakui International Rafting Federation (IRF) yaitu Australasian Rafting Championship 2010 yang merupakan kejuaraan level B tingkat benua dan Alas Indonesia World Cup Series 2011.

FAJI menjadi anggota IRF sejak 2001 dan berpartisipasi aktif dalam kejuaraan internasional baik menjadi peserta maupun juri. Seluruh kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri oleh klub-klub yang menjadi anggota FAJI karenanya FAJI berharap dengan menjadi anggota KONI, FAJI dapat memberikan support yang lebih maksimal. Dalam beberapa kejuaraan terutama tingkat benua prestasi Indonesia telah dapat memberikan medali untuk Merah Putih. PB FAJi juga telah memiliki juri bersertifikasi internasional yaitu Joni Kurniawan dan Amalia Yunita. Amalia Yunita bahkan telah mencapai posisi Chief Judge dan memiliki kedudukan penting dalam World Rafting Championship 2006 di Bosnia, 2010 di Belanda dan 2011 di Costarica. Karenanya IRF sebagaimana dituliskan dalam surat rekomendasinya sangat mendukung masuknya FAJI menjadi anggota KONI.

Ketua Umum KONI juga berpesan supaya FAJI menggalang anggota dari Asean. Saat ini PB FAJI telah membina Federasi Arung Jeram Malaysia dan merencanakan akan bekerjasama dengan beberapa federasi lain di Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam.

Semoga melalui kegiatan arung jeram FAJI dapat mengangkat Merah Putih!

 

Sumber: PB FAJI

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org