FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

27 November 2011 06:46 AM

DKI Jakarta kembali menjadi juara umum

Source: pers

Ketambe, Aceh Tenggara, – Sabtu (26/11) Ketambe hari ini telah bersibuk ria sejak jauh pagi hari. Sebelum jam 8 tiba telah belasan angkutan umum yang diubah jadi kendaraan angkut tim-tim peserta   ALAS-INDONESIA RAFTING CHAMPIONSHIP - IRF WORLD CUP SERIES 2011. Kesibukan ini guna mengangkut atlet-atlet dengan perahu dan seluruh peralatanan serta perlengkapannya menuju titik start di Serkil, sungai Alas,Ketambe,Aceh Tenggara.

Hasil pertandingan nomor Down River Race secara keseluruhan adalah DKI tampil sebagai juara dengan 1 jam 1 menit 39.72 detik diikuti oleh Jawa Barat 1 jam 2 menit 48.13 detik dan Jawa Timur 1 jam 14menit 41.84 detik  Walaupun pagi dibuka dengan cuaca yang agak mendung namun tidak melunturkan semangat tanding ke 15 tim untuk terjun dalam  nomor Down River Race  dengan lintasan bermula dari Serkil sampai PHPA Gurah sejauh lebih kurang 18 km..

Down River Race merupakan nomor penentu bagi keseluruhan penilaian kemenangan yang memiliki point tertinggi dari keseluruhan nomor yang dipertandingkan sejak Kamis (24/11) di Sungai Alas. Jejeran jeram jeram kelas tiga dan empat , yang artinya jeram-jeram yang cukup besar dan menyulitkan serta berpotensi membalikan perahu karet, di sepanjang jalur akan menjadi tantangan yang harus dihadapi semua tim.

Hari ini Bupati Kabupaten Aceh Tenggara H. Hasanudin B.  dengan resmi menutup ALAS-INDONESIA RAFTING CHAMPIONSHIP - IRF WORLD CUP SERIES 2011, dalam pidato penutupan ini beliau menjanjikan bahwa tahun depan Alas akan menjadi tuan rumah lagi bagi kejuaraan arung jeram dan akan menyelenggarakannya dengan lebih baik lagi. Amalia Yunita sebagai Race Director Sungai Alas berpendapat bahwa sunga Alas cocok untuk kejuaraan karena secara karakteristik sungai ini cukup menantang tapi aman. Sedangkan bila dilihat dari sisi akses, sungai ini cukup mudah bagi pelaksanaan secara teknis, serta bagi penduduk sekitar yang ingin menyaksikan pertandingan. Ini menambah nilai tambah sungai yang dikenal sebagai River of the Red Apes - untuk pesertanya teristimewa peserta internasional pemandangan di sekitar sungai juga sangat indah untuk dinikmati.

Kejuaraan ini menghasilkan DKI Jakarta sebagai juara umum diikuti Jawa Barat dan Jawa Timur. Pendapat Lody Korua, manajer DKI Jakarta sebagai Juara umum, artinya DKI Jakarta, yang dibina Arus Liar, berhak mewakili Indonesia dalam IRF world cup series 2012 mendatang, tempatnya belum ditentukan tapi kami berharap banyak Indonesia bisa menjadi tuan rumahnya. Hal ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi pengembangan olahraga arung jeram di nusantara.

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org