FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

28 April 2010 02:00 AM

Australasian Rafting Championship - 2010

Source: ARC 2010 Web

Dewasa ini kegiatan arung jeram di Indonesia semakin berkembang, tidak hanya bagi para pencinta alam, namun sudah dapat dinikmati juga oleh para wisatawan. Berkat kemajuan teknologi dalam kegiatan arung jeram, siapapun yang tidak memiliki bekal kemampuan dan ketrampilan berarung jeram sekalipun dapat menikmati kegiatan ini dengan didampingi pemandu arung jeram. Inilah yang membuat banyak komunitas penggemar arung jeram lantas bermunculan dalam dasawarsa terakhir.

Seiring dengan berkembangnya kegiatan arung jeram dalam dunia pariwisata Indonesia, atlit arung jeram Indonesia juga bermunculan dan telah mampu membawa nama Indonesia bukan hanya dalam kompetisi tingkat daerah dan nasional, tapi juga ke dunia internasional. Dalam World Rafting Championship 2007 yang lalu di Korea, Tim Indonesia disebut "The Rising Star" dan menyusul dengan prestasi Runner Up pada World Cup Japan 2008.

Sebagai salah satu anggota International Rafting Federation (IRF), Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI) mendapat kepercayaan dari dunia internasional untuk menyelenggarakan kegiatan kompetisi sebenua bertajuk:
    "IRF Australasian Rafting Champs 2010"

Selain European dan Pan America Champs, benua Asia mendapat kekhususan karena peserta pertandingan mencakup dua benua yaitu Asia dan Australia, sehingga kejuaraan ini disebut demikian.

Kegiatan yang pertama kali diselenggarakan di Asia Tenggara ini bertujuan bukan hanya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi atlit arung jeram Indonesia, namun juga untuk memperkenalkan potensi budaya dan destinasi wisata baik wisata arung jeram maupun wisata lainnya di sekitar lokasi kegiatan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia, khususnya di bidang pariwisata.
Pelaksanaan Kegiatan

Tempat Kegiatan :

    * Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
    * Sungai Progo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Waktu Kegiatan:

    * 22 - 28 April 2010

Nomor Lomba

    * Sprint
      Lomba pengarungan jarak pendek (+300m) untuk ke-pentingan seeding. Dari nomor ini diketahui ranking posisi peserta yang digunakan untuk menentukan masing-masing lawan di lomba berikutnya.
    * Slalom
      Lomba ketangkasan dimana setiap tim harus melewati gawang sesuai dengan urutan nomor; downstream atau sebalik-nya upstream. Nomor ini paling menarik untuk ditonton.
    * Head to Head
      Lomba adu kecepatan jarak pendek (+300m). Peserta yang kalah gugur, yang menang akan diadu lagi sampai ke Final.
    * Down River Race
      Lomba jarak jauh untuk menguji ketangkasan, ke-tangguhan dan juga nyali ka-rena dalam pengarungan akan melewati jeram-jeram dengan tingkat kesulitan IV (Advance).

Negra /peserta :
   1. Slovakia 1 Team
   2. Malaysia 2 Team
   3. Iran 2 Team
   4. Indonesia 4 Team
   5. Kazakhstan 1 Team

Dewan Jury dari IRF bersal dari :

    * Slovenia, Japan, Korea,and Indonesia.
    * Dewan Juri diketuai oleh  IRF Chief Judges, Asano Shigeto dari Jepang.

Selengkapnya : http://2010arc.com

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org