FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

04 January 2010 02:07 PM

Kejurnas Ciberang Banten 2009 (H-3) DOWN RIVER : Super Champion 2009 - Dan Tabung Oxygen-pun Bekerja

Source: FAJI Web Team

Pada hari terakhir Kejuaraan Nasional Arung Arung Jeram R-6 Ciberang Banten,  23 Desember 2009, tempo pertandingan makin memanas. Setelah Hari Pertama melombakan nomor SPRINT dengan 100 Poin dan HEAD TO HEAD dengan 200 poin, kemudian Hari Kedua SLALOM memperebutkan 300 poin, Hari Ketiga Kejurnas Ciberang ini melombakan nomor pamungkas, DOWN RIVER RACE yang memperebutkan 400 poin membuat semua Tim mengerahkan segala daya untuk merebut sebanyak mungkin poin.


Setelah lomba dilangsungkan 2 (dua) hari dengan keunggulan telak oleh Tim DKI - 1 - Arus Liar EIGER, yang menyapu seluruh kemenanganan dan poin sempurna, hanya keajaiban yang dapat meruntuhkan dominasi Tim DKI - 1 yang dipersiapkan 3 (tiga) bulan ini. Kalaupun mereka terpuruk di tempat ketiga di nomor DOWN RIVER RACE -pun mereka masih aman menggengam Trophy JUARA UMUM dan tiket ke AUSTRALASIA CHAMP 2010.


Nomor DOWN RIVER RACE ini melombakan pengarungan jarak jauh, dengan melepas 1 per 1 Tim Peserta dengan interval waktu 3 menit. Tim dengan Ranking tertinggi dilepas terlebih dulu supaya tidak menjadi hambatan tim belakangnya, dan Tim  dengan peringkat lebih rendah punya motivasi untuk mengejar peringkat diatasnya, kalau mampu. DOWN RIVER RACE di Kejurnas Ciberang ini menempuh jarak sekitar 9,500 meter alur sungai, dari Jembatan Kampung Muhara, Kec. Lebak Gedong, ke Desa Banjar Kec. Cipanas Kab. Lebak. Jalur ini melalui jalur wisata arung jeram, yang melintasi 23 jeram kelas 2-3, dan sepanjang 400 meter jalur kelas 3 - 4. Dalam kondisi debit yang rendah ruas Nadja Rapid yang terletak setelah Dam Pertama, dan berkelas 3-4 ini tetap memberi tantangan bagi Tim Peserta, terutama Tim Putri, satu kesalahan saja, bisa menyebabkan perahu tumpah dan menyeret awak perenang (jatuh dari perahu) sepanjang 100 - 300 meter, karena gradien sungai yang cukup tinggi.



Start pada kesempatan pertama Tim DKI - 1 - Arus Liar EIGER langsung memacu perahu dengan kecepatan tinggi, kombinasi dayung cepat dan dayung berdiri dipertontonkan untuk memuaskan para pendukungnya yang berjejer di sepanjang jalur Start. Setelah titik Pendopo Wisata, perahu bak ditelan alam, perahu sudah tidak dapat terpantau dari Jalur Start karena medan yang dipenuhi tebing-tebing. Walau begitu jalur-jalur bahaya dipantau dan diamankan Tim RIVER RESCUE yang standby dengan kesiagaan penuh, diback up jalur komunikasi radio oleh ORARI dan medical back up dari Puskemas terdekat.


Tim DKI - 1 melenggaang tanpa terkejar, dan hanya berpacu melawan bayangan, namun mereka tak hilang semangat, dan tidak mengurangi ritme dayungan dari awal Start sampai Finish. Namun semangat yang menyala ini rupanya tak dapat diimbangi salah satu awak, sesampai di Finish, awak yang satu ini terkapar tak sadar diri, namun kesigapan Tim Medis dengan bantuan tabung Oxygen yang tersedia, mampu mencegah kefatalan lebih lanjut. Malamnya sang awak sudah bisa menghadiri acara Penutupan Kejurnas walau masih bermuka pucat.


Kemenangan Tim DKI - 1 Arus Liar EIGER di DOWN RIVER RACE ini merupakan fenomena tersendiri, terlepas lawan kurang menyiapkan diri, namun prestasi mereka menyapu semua kemenangan dengan catatan waktu mencolok dan suguhan teknik yang piawai di nomor SLALOM patut mendapat apresiasi 3 (tiga) jempol. Kemenangan ini juga menyusul kemenangan mereka di "babak pemanasan" di MUSI RAWAS OPEN 2009, awal desember lalu. Maka patutlah Tim DKI - 1 Arus Liar EIGER ini dapat julukan SUPER CHAMPION 2009 Arung Jeram Indonesia. Walau gelar JUARA telah ditangan, misi selanjutnya adalah memenangakan AUTRALASIA 2010 di kandang sendiri, Sungai Serayu dan Progo di Jawa Tengah.


Ade S Chandra, Manager Operasinal Bingei Rafting - Sumatera Utara, yang kali ini bertindak sebagai Ketua Dewan Juri menyatakan penghargaan kepada peserta, "Saya menyaksikan para peserta semakin memahami PERATURAN LOMBA yang diterapkan dalam Kejuaraan ini. Peraturan ini telah lama disosialisasikan dan diaplikasikan dalam Kejuaraan Arung Jeram International dan FAJI. Dan saya sangat menghargai Sportifitas seluruh peserta dalam Kejuaraan ini."


Amalia Yunita, Wakil Ketua  Harian PB FAJI, yang melakukan supervisi pelaksanaan Teknis Lomba juga menyatakan kepuasannya atas proses penjurian dalam Kejurnas ini, "Saya cukup puas dan memuji semua dedikasi dan kesungguhan Wasit dan juri yang bertugas dalam Kejurnas ini. Saya mengikuti semua proses dari mulai Workshop Juri dan Wasit, simulasi penjurian sampai proses penjurian di final, semua berjalan cukup sempurna. Ini menunjukkan kesiapan kita nanti menjadi tuan rumah Kejuaraan Arung Jeram International, AUSTRAL ASIA 2010".


Yuni beberapa waktu lalu mendapat promosi sebagai CHIEF JUDGE oleh Board of Director IRF (International Rafting Federation). Dia menjadi satu-satunya wanita di dunia !!! yang meraih status IRF Certified CHIEF JUDGE ini dan berhak menjadi Juri International dimanapun IRF menyelenggarkan event kompetisi international. Promosi inilah yang semakin mengokohkan peran Indonesia dalam konstelasi kompetisi arung jeram International. (BdY)


Hasil Lomba DOWN RIVER : http://faji.org/?go=event_ciberang2009&p=hasil_lomba_drr


 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org