FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

30 October 2005 11:53 AM

Ratusan Media Meliput Kejurnas : bintang tujuh

Source: Jelajah

Kegiatan akbar alam terbuka, Kejuaraan Nasional Arung Jeram Citarum 2005, beritanya telah menyebar kemana-mana. Pemanfaatan telekomunikasi terkini seperti internet dan sms makin mempercepat laju penyebaran informasi. Komunitas mediapun sudah di'sounding' segera setelah keputusan Kejurnas diputuskan di meja rapat Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI). Bahkan rekan-rekan di Pengda FAJI juga sudah di'woro-woro' jauh hari, via sms broadcast, ketika keputusan pelaksanaan Kejurnas masih diambang pintu.

 

PB FAJI segera menyebarkan Press Relase, dan dalam waktu singkat meluncurkan Web Sitenya (www.faji.org), hanya 3 hari persiapan, juga sangat membantu penyebaran berita dan informasi awal lomba kepada para penggiat. Walaupun sampai hari ini kunjungan  ke Web Site hanya mencapai 150 hits atau sekitar 20 kunjungan perhari, namun diperkirakan diakses oleh yang benar-benar membutuhkan informasi lomba, termasuk kalangan Media.

 

Kejurnas Arung Jeram yang tidak selalu diikuti dengan kedatangan penonton, karena tempat penyelenggaraan yang tidak mudah diakses transportasi umum. Pemberitaan media adalah satu-satunya cara agar kegiatan dapat mencapai telinga dan mata pemirsa, sebagai salah satu tujuan kegiatan, yaitu memasalkan dan menggairahkan masyarakat agar berarung jeram, sekaligus memenuhi kepentingan para Sponsor Kejurnas ini. Ratusan Media Meliput Kejurnas itu hanya harapan - kalau saja bisa difasilitasi, namun kenyataannya beberapa media besar, 5 (lima) stasiun televisi, Kantor Berita Nasional maupun Jaringan Media Swasta, juga beberapa media yang berkait dengan pariwisata dan extreme sport menunjukkan antusiasme untuk meliput kegiatan.

 

Panitia Kejurnas jauh hari telah menyatakan kesiapan untuk membantu dan memfasilitasi kerja jurnalistik sebagai bagian dari kerja publikasi. Dari hands out, desk media, kartu peliputan pers, media liaison officer sampai perahu rafting beserta awak dan perlengkapannya juga akan disiapkan, demikian juga tenda akomodasi. Namun namanya juga kegiatan alam terbuka, yang penuh keterbatan, semua fasilitas tidak masuk kategori Melati sekalipun, bahkan mungkin bintang tujuh, alias bisa melihat banyak bintang dilangit.. namanya juga out door.

 

Kejurnas yang akan dihadiri peserta dari lebih dari 16 propinsi ini, akan meramu kegiatan lomba dan reuni para penggiat dari segala jaman, menjadi suatu event community gathering akbar. Ini lah yang mungkin jadi daya tarik. Walau fasilitas telekomunikasi masih menjadi kendala, namun dengan jaringan telepon selular yang bisa GPRS-MMS (Telkomsel & XL) telah dapat diakses di lokasi lomba, diharapkan dapat menghubungkan rekan-rekan jurnalis, peserta dan tetamu dapat berhubungan dengan dunia luar. (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org