FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

19 December 2009 07:54 PM

Kejurnas Ciberang Banten 2009 : Perang Bubat di Muhara Dendam Tak Sudah

Source: Panitia Kejurnas Ciberang Banten 2009 & PB FAJI

Kejuaraan Nasional Arung Arung Jeram R-6 Ciberang Banten, menjadi laga paling ditunggu para penggiat arung jeram di Indonesia. Melalui Event akbar  inilah akan ditentukan pemegang tiket menuju gelaran AUSTRALASIA Champhionship 2010 yang mewakili Indonesia. Dua tiket Putra dan Dua tiket Putri Tingkat akan diperebutkan sekaligus oleh tim Peserta Kejurnas Ciberang Banten 2009.


Indonesia tampil sebagai Runner-up sekaligus merebut Ranking - 3 saat berlaga di AUSTRALASIA Championship di Jepang tahun 2008. Indonesia hanya kalah dari Tuan Rumah Jepang yang memang tangguh dan masuk 3 besar dunia. Karenanya Kejurnas Ciberang Banten ini seharusnya mampu menghasilkan Tim yang bisa menjuarai AUSTRALASIA Champ 2010 yang diselenggarkan di Sungai Serayu & Progo bulan April 2010. Maka pantas kalau Kejurnas Ciberang Banten 2010 bisa dianggap gelaran kelas antar benua, karena pemenangnya dipastikan memiliki kwalitas yang setara untuk memenangkan pertarungan antar benua AUSTRALASIA 2010.


Sembilan belas tim dari 6 (enam) Provinsi datang untuk bertarung : Lampung, tuan rumah Banten, DKI, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Utara. Bengkulu dan Sumatera Utara menarik diri setelah sebelumnya menyatakan ikut serta. Kali ini selain Kelas Putra juga dipertandingkan Kelas Putri yang diikuti 4 (empat) Tim, 2 (dua) Tim  dari Jawa Timur, dan masing-masing 1 (satu) Tim  dari Jawa Barat dan Sulawesi Utara. Beberapa Tim yang potensial juga batal berlaga, diantaranya Gerhana - Garut, Besai - Lampung. Kedepan diharapkan Pengda-Pengda FAJI mampu membina tim-tim yang potential di wilayahnya, untuk lebih maju berkiprah di kancah nasional maupun internasional, sehingga tidak timbul kesan dominasi Club tertentu di daerah, serta memacu persaingan yang lebih menarik.

 

Kejuaraan Arung Jeram R-4 MURA OPEN 2009 yang baru berakhir seminggu lalu menjadi referensi kekuatan Tim arung jeram saat ini. Tim DKI - Arus Liar, DKI - Caldera dan Jabar - Kapinis  leading dalam catatan prestasi, termasuk Kejurnas Merangin 2008 lalu. Namun DKI - Arus Liar nampak sedemikian dominan, sementara Jabar - Kapinis terlihat kedodoran dalam stamina, bisa jadi ini taktik perang yang sengaja dipasang para ahli taktik dari Jawa Barat untuk mengelabui lawan, MURA OPEN 2009 hanyalah pemanasan tapi Ciberang - Banten adalah Perang Bubat sesungguhnya. Pertarungan di papan atas akan sangat seru, Jawa Barat bisa saja menuntaskan Dendam Tak Sudah (nama Danau di Bengkulu), untuk membalas kekalahan telak mereka di MURA OPEN 2009, dan petarung jeram dari Pekalen akan mati-matian merebut podium Juara yang sekian lama dinanti sekaligus membuktikan bahwa mereka bukan mediocre.


Hadirnya Tim-tim unggulan dari Jawa Timur, NOARS dan SONGA Rafting langsung memanaskan suhu persaingan di Ciberang. Hadir 1 (satu) minggu lebih awal dari jadwal Kejuaraan, Tim-tim dari Jawa Timur ini menebar ancaman bagi para lawannya. SONGA mampu meraih 3 (tiga) besar saat Kejuaraan Best of the Best 2007, dan NOARS adalah Juara Asahan 2007, dan banyak lagi prestasi yang mereka ukir beberapa tahun terakhir. Kedua tim ini beberapa kali mampu mendobrak dominasi Tim-tim DKI & Jawa Barat dalam peringkat 5 besar Nasional. Tim DKI - Arus Liar sebulan sebelumnya melakukan pemusatan latihan di Ciberang, sementara Tim Tim Jabar bahkan lebih lambat datang ke Ciberang, setelah perjalanan darat dari Musi Rawas yang menguras energi.


Diluar Tim Jatim, belum nampak ancaman lain, apalagi Sumut yang biasa rapat bertarung tidak mengirimkan kontingennya, dan Sulawesi Utara yang era 1997 - 2001 sempat di papan atas kini tak lagi diperhitungkan karena sekian lama vakum. Tuan Rumah Banten walau sempat menjuarai Citarum OPEN 2009 namun formasi kekuatan sudah berubah, salah satunya karena punggawanya paling berpengalaman Herman "Debleng" tak lagi memperkuat Banten seperti laga di Citarum Open 2009. Di Kelas Putri, selain Jawa Barat yang diunggulkan, bisa jadi Sulut mempersiapkan diri jauh lebih matang dan siap memberi kejutan. Namun prestasi anak-anak mami dari Ponorogo - Jawa Timur juga patut diperhitungkan. Secara sangat mencengangkan di MURA OPEN 2009 mereka mampu melibas beberapa Tim Putra di nomor Down River Race, salah satu nomor yang perlu tenaga dan stamina.


Kejuaraan Nasional Arung Jeram R-6 Ciberang Banten akan dibuka secara resmi pada hari Senin, 21 Desember 2009 dalam rangkaian upacara dan gelar budaya di Kp. Muhara, Desa Banjarsari, kecamatan Lebak Gedong, Kab. Lebak Banten. Gubernur Banten Ratu Atut Chosyiah, diharapkan hadir langsung untuk membuka lomba.  Selamat berlomba .....(BdY)

Daftar Tim PESERTA - Kelas Putra

  1. Lampung
  2. Banten - 1 - Rajawali Brimob
  3. Banten - 2 - Macan Banten
  4. Banten - 3 - Pengcab. Tangerang
  5. DKI - 1 - Arus Liar
  6. DKI - 2 - Caldera
  7. DKI - 3 - Riam Jeram
  8. DKI - 4 - Boogie
  9. DKI - 3 - Riam Jeram
  10. Jawa Barat - 1 - Kapinis
  11. Jawa Barat - 2 - Pengda Jabar
  12. Jawa Barat - 3 - Jenggala Garut
  13. Jawa Timur - 1 - Songa
  14. Jawa Timur - 2 - NOARS
  15. Jawa Timur - 3 - Pengcab Malang
  16. Pengada Sulawesi Utara


Daftar Tim PESERTA - Kelas Putri

  1. Jawa Barat - Kapinis 
  2. Jawa Timur - 1 - Mahipa Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMP)
  3. Jawa Timur - 2 - Pengcab Malang
  4. Pengda Sulawesi Utara






 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org