FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

18 December 2009 01:44 PM

Mura Open 2009 (Final): Tandem Arus Liar Kuasai Pulau Kidak Kena Pelipis (last - up date)

Source: PB FAJI

 

Gelaran Kejuaraan Arung Kejuaaran Arung Jeram R-4 Tingkat Nasional Musi Rawas Open 20009, berlangsung makin seru di hari kedua yang melombakan nomor Slalom. Sembilan belas Tim berlomba melewati halang rintang berupa gawang yang disusun serupa puzzle membuat  peserta memeras otak selain memeras keringat mengayuh dayung.

 

SLALOM. Tim Putri Univesitas Muhammadiyah Ponorogo (UMP) - Jawa Timur yang baru pertama kali berlomba tidak nampak demam panggung menghadapi gawang-gawang. Bahkan secara mengejutkan mereka mampu mengungguli beberapa Tim Putra.

 

Tim-tim Ungulan teratas : Arus Liar 1 & 2, Kapinis & Pengda Jabar, Caldera dan Bingei Rafting Sumut mampu mengatasi halang rintang dengan kecepatan tinggi. Dari hasil final Arus Liar 1 & 2 dan Caldera mampu dengan sempurna melewati semua gawang. Adapun Kapinis dan FAJI Jabar harus puas  di rangking 4-5 karena mencatat angka hukuman, bahkan Kapinis sempat terjerembab di Heat-1 dengan penalty 55 detik. Tim-tim dari Jabar ini memang dikenal kuat di ketahanan dan kecepatan mendayung namun lemah dalam manuver di jeram dan nomor SLALOM.

Hasil 5 Besar SLALOM

1.     Arus Liar 2         (02:50,57)

2.     Arus Liar 1         (02:51,78)

3.     Caldera              (03:00,66)

4.     Kapinis Jabar     (03:13,76)

5.     FAJI Jabar         (03:25,04)


DOWN RIVER RACE.  Dihari terakhir lomba MURA OPEN 2009, nomor Down River Race dijadikan nomor puncak karena memperebutkan poin terbesar, 400 dari 1000 poin lomba. Diawali dari Jembatan Pulau Kidak, perahu peserta dipacu di arus cepat namun landai sejauh 4 km kemudian melewati rangkaian jeram, yang sebelumnya menjadi arena lomba nomor SLALOM.

 

Tim Putri (UMP) - Jawa Timur kembali mempermalukan beberapa Tim Putra dengan menyalip mereka dalam catatan waktu, mereka mampu meraih peringkat 16 dari 19 Tim.  Di peringkat atas Arus Liar 2 mampu meninggalkan lawan-lawannya dengan beda waktu yang signifikan, disusul Caldera dan Arus Liar 1 yang tertinggal 20 detik dari saudara kembarnya. Kapinis kembali terperosok di nomor andalannya ini dan hanya meraih peringkat 5, setelah FAJI Jabar yang rangking 4. Perbedaan waktu sampai 30 detik bisa menjadi refleksi kekurang siapan tim dari Jabar bertarung di papan atas MURA OPEN 2009 ini.

 

Pertarungan antar saudara kembar Arus Liar 1 & 2 menjadi tontonan yang menarik sepanjang Kejuaraan MURA OPEN. Seragam warna merah mereka dengan kombinasi dayung karbon warna hitam dan pelampung model mini untuk kompetisi, menjadikan penampilan Tim Arus Liar 1 & 2 tampak atraktif. Pertarungan mereka di nomor Head to Head yang diwarnai sodok dayung kena pelipis menandakan pertarungan antar mereka tidak main-main. Pertarungan di nomor DRR juga menjadi tontonan menarik di awal lomba, namun Arus Liar 2 secara cerdik berhasil break, dan keluar dari pertarungan ketahanan dayung dari 5 (lima) starter yang dilepas bersama. Sejak sepertiga lomba di nomor DRR, Arus Liar 2 memimpin, yang mengunci angka kemenangan mereka di perolehan overall poin.

Hasil 5 Besar DOWN RIVER RACE

1.     Arus Liar 2         (16:29,67)

2.     Caldera              (16:33,85)

3.     Arus Liar 1         (16:50,87)

4.     FAJI Jabar         (16:57,31)

5.     Kapinis Jabar     (17:01,95)


OVERALL. Setelah 3 (tiga) hari berlomba, tandem Arus Liar 1 &  2 membuktikan jauh lebih siap dibanding lawan-lawannya. Mereka memborong semua kemenagan disetiap nomor dengan catatan waktu yang impresif. Hanya di Nomor TIME TRIAL beda waktu tidak lebar, di nomor lain menyatakan sebaliknya.

 

Caldera yang menjadi Juara Festival Asahan 2009 dalam Event FIPOB (Festival International Pemuda Bahari) harus mengakui ketangguhan tandem Arus Liar, kompetitor bisnis mereka di Citarik Sukabumi. Tim dari Jabar nampak kurang siap menghadapi persaingan yang makin tajam menuju AUSTRALASIA 2010, mengandalkan atlet-atlet senior, Kapinis dan FAJI Jabar kedodoran di kecepatan dan daya tahan yang menjadi keunggulan mereka sebagai Juara Nasional Ciatrum 2005 dan Merangin 2008. Sejak 2001, untuk kali pertama Kapinis harus terlempar dari rangking 3 (tiga) besar.

 

Di papan tengah Rapid Plus Group membangun kekuatan baru dengan Bingei Rafting-nya, dan mampu leading di peringkat 6. Sementara Lampung B yang diperkuat Besai Rafting dari Kab. Lampung Selatan mampu menguntit Bingei Rafting di posisi 7. Walau tak mampu mengangkat peringkat mereka sebagai juru kunci perolehan poin overall, prestasi satu-satunya Tim Putri - UMP dari Ponorogo mengalahkan beberapa Tim Putra di nomor Slalom dan DRR, patut diberi apresiasi tersendiri. Sementara tuan rumah Sumatera Selatan yang menghadirkan 6 (enam) Tim, hanya diwakili oleh ENIM Jeram di 8 (delapan) besar. ENIM Jeram satu-satunyaoperator Wisata Arung Jeram di Sumatera Selatan.

 

Pada tanggal 12 Desember, setelah semalam sebelumnya para peserta menghabiskan malam penuh durian, Kejuaraan Arung Jeram R4 Tingkat Nasional Musi Rawas Open 2009, ditutup dalam sebuah gelaran budaya dan penyematan hadiah Tropi maupun Dana Pembinaan. Dalam Kejuaraan ini semua peserta mendapat Uang Start, menang - kalah tetap dapat hadiah. Peserta juga mendapat tambahan hadiah dari Bp. Ridwan Mukti yang juga Bupati Musi Rawas sebesar Rp50jt. Sehingga Tim peringkat bawah saja, tetap membawa pulang sampai Rp. 4,2 juta untuk Tim dari luar Sumatera Selatan dan tak kurang Rp. 2 juta untuk Tim dari Sumatera Selatan. Ke Musi Rawas tahun depan aku kan kembali. (BdY)


Hasil 8 Besar OVERALL

1.     Arus Liar 2                   (964 poin)

2.     Arus Liar 1                   (880 poin)

3.     Caldera                        (812 poin)

4.     Kapinis Jabar               (720 poin)

5.     FAJI Jabar                   (702 poin)

6.     Bingei Rafting               (660 poin)

7.     FAJI Lampung B           (597 poin)

8.     ENIM Jeram                (588 poin)





 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org