FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

26 October 2009 01:14 PM

CIBERANG BANTEN 2009 - Kejurnas Arung Jeram R-6 : Tiket AustralAsia 2010

Source: PB FAJI / Pengda FAJI Banten


Menyusul Kab. Musi Rawas Sumatera Selatan yang akan menyelenggarakan Kejuaraan Arung Jeram (R-4) Tingkat Nasional MUSI RAWAS OPEN 2009 pada tanggal 9 - 12 Desember 2009, akhir Desember 2009 mendatang di Sungai Ciberang, Kab. Lebak - Banten akan digelar Kejuaraan Nasional Arung Jeram Kategori R-6 (Enam Pedayung). Kejuaraan ini akan merupakan salah satu puncak kompetisi arung jeram nasional di Indonesia.  Kategori R-6 inilah yang nantinya dipertandingkan dalam event Internasional AustralAsia Champhionship di Sungai Serayu, Kab. Banjarnegara - Wonosobo, Jawa Tengah, pada bulan April 2010 mendatang.


Pengda FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) Banten dan Pemprov Banten akan menjadi host dalam Kejurnas ini. Menurut Ketua Umum Pengda FAJI Banten, Bpk Abdul  Wahab Hasibuan .SH. M.Hum, yang juga Kajati Banten menyatakan, "Kejurnas Arung Jeram ini kami diselenggarakan di Banten, selain untuk memacu prestasi olahraga, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi wisata arung jeram di Sungai Ciberang, Kab. Lebak - Banten. Selain Wisata Baduy, Arung Jeram akan menjadi lokomotif baru Pariwisata di Lebak dan Banten.  Ini akan membawa efek pertumbuhan ekonomi dan investasi di daerah ini di waktu mendatang."


Propinsi Banten memiliki potensi wisata alam tak terkira, sebut saja Anyer dan Carita, juga TN. Ujung Kulon yang sudah ternama, juga Situs Banten Lama di Serang. Sementara Kab. Lebak, wilayah ini selama ini hanya dikenal sebagai enclave Suku Baduy. Namun Lebak ternyata menyimpan beragam potensi wisata, diantaranya wisata danau Situ Palayangan, Hutan Lindung Darmasari, wisata Pantai Karang Kamulyan, Pantai Kabayan, Pantai Karang Taraje, Pantai Pulau Manuk, Pantai Sawarna/ Ciantir, Muara Binuangeun, Pantai Talanca dan Pantai Bageudur. Juga kita bisa menjumpai ragam kekayaan budaya seperti  Situs Kosala, Situs Cibeudug, petirahan Multatuli, acara adat Seren Tahun (Kaolotan) Baduy, Pesta Laut      dan Saba Baduy. Dan seperti di Garut kita juga bisa menikmati pemandian air panas non belerang di  Cipanas dan Pemandian Air Panas Senang Hati di Malingping.


Sungai Ciberang yang akan menjadi ajang kejuaraan, sejak 2007 telah menjadi tujuan wisata olahraga petualangan.  Ciberang yang mengalir deras dari hulunya di kawasan TN Gunung Halimun ini airnya masih jernih dan segar. Ciberang memiliki beberapa jeram buatan (dam) maupun alam, dengan klasifikasi Kelas 3, namun beberapa ruas dapat dikategorikan Kelas 4. Di jeram-jeram ini bentukan jeram dan gradientnya cukup tinggi, seperti Nadja Rapids di Lebak Gedong,  yang tidak mentolerir kesalahan, karena bila perahu terbalik, awak perahu dengan mudah terbawa sampai ratusan meter.  Juga Jeksin Rapid yang setinggi 3 meter, jeram alam ini mengandung potensi hidrolik yang mampu menghisap perahu beserta awaknya. Ciberang sangat menantang dan menarik untuk wisata arung jeram sekaligus sesuai untuk arena arung jeram petualangan, Kayak Arus Deras maupun arung jeram kompetisi. Ribuan pengunjung telah menikmati wisata arung jeram di Ciberang dalam 2 (dua) tahun terakhir.


Dari segi prestasi petarung jeram dari Banten kini memang membanggakan, from Zero to Hero. Pada event Kejurnas Arung Jeram Citarum tahun 2005 Tim Banten belum masuk hitungan. Arung Jeram di Banten yang awalnya dipelopori oleh para penggiat dari Brimob Polda Banten dan para Pecinta Alam ini, pada tahun 2008 lalu mampu menjadi Juara Umum CITARUM OPEN - 2008, yang diikuti Tim-tim tangguh seperti Kapinis, BJ, Songa dan Noars Jatim. Tim-tim Arung Jeram dari Banten seperti Banten Rafting, Macan Banten (BRIMOB) dan Baduy Rafting kini menjadi tim-tim disegani di kancah pertarungan Nasional. Karena itu dalam Kejurnas di Banten kali ini mereka terpacu untuk berebut podium Juara.


Dalam Kejuaraan ini PB FAJI sebagai penyelenggara lomba, akan mengundang 10 Tim Putri dan 20 Tim Putra dari 17 (tujuh belas) Pengda FAJI di Indonesia. Melalui proses seleksi administrasi, peringkat dan prestasi, PB FAJI akan menentukan Tim-Tim yang bisa berlaga dalam ajang pamuncak ini. Dalam Ajang AustralAsia Cham 2010, Indonesia sebagai anggota International Rafting Federation (IRF) mendapat jatah 2 (dua) Tim Putra dan 2 (dua) Putri dalam ajang kompetisi arung jeram terbesar di benua Australia - Asia. Indonesia sempat mencatat sebagai Runner-up dan Ranking - 3 di AustralAsia Champ 2008, hanya kalah bersaing dengan tuan rumah Jepang yang merengkuh Juara.


Dengan menjadikan Kejurnas ini sebagai ajang seleksi AustralAsia, Tim-tim unggulan Indonesia, seperti  Arus Liar-CASIO, Riam Jeram, Kapinis Bandung,  BJ's, RapidPlus Medan, SONGA dan NOARS Rafting Jatim, pasti tak melewatkan event ini untuk menunjukkan prestasi,  sekaligus berebut tiket menuju AustralAsia Champ 2010. (BdY)


KONTAK

Panitia  KEJUARAAN NASIONAL ARUNG JERAM (R-6)

CIBERANG- BANTEN 2010

c/o Pengda FAJI Banten

Jl. Syeh Nawawi Al-Bantani,

Puri Kartika Banjarsari Blok B 09 No. 16 (Depan Polda Banten)

Kec. Cipocok, Serang, Banten


PIC : Aris, Agus Rasyid

Mobile Phone :  0812 237 5389 / 081510264356/ 0856 110 5333 / 0819 06252111

Telp. (0254) 824 1374


Email : fajida_banten@yahoo.com / doelhk@yahoo.co.id

 

 

 

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org