FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

21 May 2009 10:30 PM

Catatan Kecil # 1 WRC Bosnia 2009 : INDONESIA, menghilangnya “The Rising Star”

Source: Amalia Yunita

Pengantar

 

Sangat disesalkan Indonesia dalam WRC Bosnia 2009 ini gagal mengirimkan Team, walaupun sudah ada Tim yang sudah disepakati dan ditunjuk menurut  hasil Kejurnas Arung Jeram Merangin 2008.

Namun PB FAJI atas dukungan Kantor Menegpora dan Arus Liar, dapat mengirimkan satu orang wakilnya, Amalia Yunita, untuk ikut serta dalam event ini sebagai Juri, sekaligus untuk mengikuti Pelatihan Juri (JUDGES WORKSHOP) untuk jenjang yang lebih tinggi. Harapannya dimasa depan Indonesia mampu melaksanakan Event-event Internasional dengan Juri Lomba (Race JUDGES) yang  bertaraf Internasional secara mandiri.

Amalia Yunita, dalam kesempatan ini tidak hanya mewaikli Indonesia, namun ternyata dia satu-satunya  OFFICIAL JUDGES dari Asia dalam event ini. (see : http://www.intraftfed.com/competition/files/Judges_WRC2009.pdf  )

Tulisan-tulisan Amalia Yunita selama perjalanan ke Bosnia selanjutnya akan dimuat bersambung di Web ini.

 

+++++++++++++

 

Catatan kecil # 1 dari World Rafting Championship 2009

 

Banjaluka, 17 May 2009



INDONESIA, menghilangnya "The Rising Star"

 

Dua tahun lalu, tim Indonesia tampil memikat dan di arena World Rafting Championship. Gabungan Tim Arus Liar Eiger dan Kapinis yang saat itu disponsori Arus Liar dan Eiger, mewakili Indonesia membuat kehebohan mulai dari saat berlatih dengan gaya dayung berdiri nya yang tak pernah dilakukan tim-tim lain sebelumnya. Saat Time Trial, kembali membuat kejutan dengan masuk 16 besar, dengan posisi ‘papan tengah' di ranking 12. Bagi tim yang termasuk dalam deretan ‘pendatang baru' di kejuaraan dunia, Tim Indonesia pantas disebut sebagai "The Rising Star" seperti yang disebut-sebut oleh Raffael Gallo, President IRF dalam pidato penutupan kegiatan tersebut.

 

Nama Indonesia terus berkibar saat Tim Indonesia masuk dalam peringkat II (Arus Liar Casio) dan III (Kapinis) di kejuaraan World Cup Japan 2008 di Jepang. Walau masih di bawah Jepang, secara mengejutkan Indonesia telah mampu melawan Australia dan New Zealand serta Czech yang masuk dalam deretan 3 besar dunia.

 

Dengan prestasi-prestasi tersebut, tim Indonesia diperkirakan akan dapat masuk dalam posisi 8 besar di World Rafting Championship di Bosnia. Namun tim yang memiliki mandat untuk berangkat tampaknya memiliki kendala yang tidak dapat diatasi. Menjadi PR besar untuk bidang Bina Prestasi dan Komite Pertandingan PB FAJI untuk terus memperbaiki sistem pemberangkatan tim. Dalam IRF Race Rule pasal B disebutkan bahwa tim yang dapat ikut serta dalam World Championships adalah pemenang seleksi nasional (yang resmi diselenggarakan PB FAJI). Jika tim ini tidak dapat ikut, maka urutan berikutnya dan terus berikutnya hingga ditemukan tim yang siap untuk berangkat. Keputusan harus diambil selambatnya 6 minggu sebelum kegiatan.

 

Nasi sudah menjadi bubur dan kegagalan berangkatnya Tim Indonesia harus menjadi pelajaran. Pedih rasanya ketika setiap orang bertanya: "Where is the Rising Star Team"? (AY)

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org