FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

20 April 2009 02:18 AM

Citarum Open 2009 - DOWN RIVER : Caldera B memimpin, SONGA goyang (up date - 3)

Source: Panitia Lomba

Hari kedua Kejuaraan Arung Jeram Citarum Open 2009 di Bandung Barat, yang digelar tanggal 17 - 19 April 2008, melombakan nomor Down River Race, dengan pengarungan ruas Citarum sepanjang 6,5 km. Peserta dilepas 4 - 4, berdasar urutan hasil Overall hari pertama Kejuaraan. Alhasil Tim-tim teratas termotivasi bertarung  dengan kecepatan tinggi di awal lomba. Pada Heat-1 peserta Rank 1 - 4 dilepas, masing-masing : SONGA B, MACAN Banten, Brimob Banten dan CALDERA B.

 

Dari Start SONGA B langsung memimpin karena punya kesempatan mengambil posisi  Start yang menguntungkan, paling kanan di garis Start. Namun setelah melewati jeram-jeram Citarum sepanjang 800m, SONGA B mulai goyang staminanya karena terkuras pertarungan seru saling sodok dengan MACAN Banten, tak sadar 2 (dua) Tim lawan lainnya, BRIMOB Banten dan CALDERA B menunggu kesempatan.

 

Di tikungan selepas jembatan pandang di meter 800 ini, SONGA B kehilangan posisi dan dilewati lawan-lawannya berturut-turut MACAN Banten, BRIMOB Banten dan CALDERA B. Di penghujung jeram Citarum di Km. 3 dari Start yang membentuk hamparan flat  CALDERA B yang sudah diposisi ke tiga berhasil mengambil alih posisi kedua dari BRIMOB Banten.

 

Dengan dayungannya yang tetap mantap dan konsisten CALDERA B melewati MACAN Banten di Km. 4,5 dan  memimpin sampai garis Finish. Adi Ruswino, Intruktur Tim NOARS dari Jatim juga menyatakan kegagumannya atas teknik dayung yang dikembangkan CALDERA B, "Rupanya CALDERA mengembangkan Teknik dayung yang baru lagi, dan mereka sangat konsisten dan bertenaga, mereka pantas juara di nomor DRR ini. Inovasi seperti ini sangat bagus untuk perkembangan arung jeram, karena Bang Malik (Instruktur CALDERA, alumni Aranycala Univ Trisakti) sudah tergugah untuk melakukan riset, ini akan menjadikan arung jeram Indonesia semakin ilmiah dan maju ", begitu kata Adi yang juga seorang sarjana Olahraga.

 

SONGA B di catatan waktu ternyata masih tertinggal oleh Tim KAPINIS Gandamusa, yang diperkuat UNYIL Solihin, skipper Tim KAPINIS dalam World Cup Series di Jepang 2008. SONGA B, yang Runner-up Best of the Best Serayu 2007. SONGA B juga harus merelakan Rank-1 Overall yang diraihnya di hari pertama, dan hanya menduduki Rank-3 Overall di hari kedua, atas hasil yang cukup mengecewakan mereka di nomor DRR ini.

 

Waktu tempuh DOWN RIVER RACE  untuk Tim 10 (sepuluh) besar  :

 

(1).      Caldera B                              39:23,00,

(2).      MACAN Banten                    39:53,00,

(3).      BRIMOB Banten B                40:13,00, 

(4).      KAPINIS Gadamusa             40:42,00

(5).      SONGA B                              40:58,14

(6).      KAPINIS BOOGIE                 41:00,00

(7).      SONGA A                              41:18,83

(8).      BADUY Rafting                     41:27,00

(9).      CALDERA A                         42:06,90

(10).    NOARS Rafting Club            42:25,70                    

 

Tim NOARS Jatim yang awalnya sempat jadi Tim unggulan, karena pernah menjadi Juara di Asahan tahun 2006, pada hari pertama hanya masuk Rank 13 Overall, pada hari kedua hanya mampu memperbaiki peringkat menjadi Rank 11 Overall, setelah meraih peringkat 10 nomor DRR ini. Sementara Tim rumah lainnya KAPINIS BOOGIE,  hanya masuk peringkat 6 Overall, disusul BADUY Rafting di peringkat 7, KAPINIS Barbar Fausta   di peringkat 8, SONGA A di peringkat 9 dan CALDERA A di peringkat 10. Tim remaja lokal KAPINIS Si Bolank terlempar dari posisi 10 besar Overall, setelah pada hari pertama secara mengejutkan masuk peringkat 6 mengalahkan banyak Tim senior. Dengan pembinaan yang konsisten Tim ini akan menjadi monster yang menakutkan Tim lawan dalam 2-3 tahun mendatang dengan semakin matangnya, serta semakin sempurnanya pembentukan otot dan karakter mereka.

 

Pada hari terakhir, Kejuaraan Arung Jeram Citarum Open 2009, akan dilombakan  nomor Slalom (Halang Rintang dan Ketangkasan) sebagai nomor pamuncak. Nomor Slalom ini akan digelar di ruas sepanjang 800m, yang juga digunakan untuk lomba SPRINT dan Head to Head. Tim dari Operator wisata arung jeram seperti CALDERA B, SONGA B dan Tim MACAN Banten Rafting yang diskiperi Herman DEBLENG yang punya pengalaman internasional, akan menjadi unggulan dalam  nomor Slalom yang sangat technical ini.

 

 

Biasanya nomor Down River Race digelar di hari terakhir Kejuaraan, karena memeperebutkan poin terbesar, 400 poin. Namun Panitia mempertimbangkan Debit air akan lebih tinggi pada hari Sabtu dibanding hari Minggu, sehingga nomor pengarungan jarak jauh Down River Race lebih baik digelar di hari sabtu, ditukar dengan dengan nomor Slalom. Peserta juga hanya melakukan 1x Run dari biasanya 2x Run untuk nomor Slalom ini, karena banyaknya peserta dan keterbatasan waktu.

 

Selama Kejuaraan debit dan TMA (Tinggi Muka Air) Citarum sering berubah dengan cepat, sehingga beberapa Tim mendapat keuntungan dan sebaliknya.  Ruas Citarum di Kp. Cisameng, Desa Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat yang dipergunakan sebagai ajang lomba, merupakan aliran Citarum selewat bendungan Saguling yang dimanfaatkan untuk PLTA. Ruas ini alirannya cukup cepat dan memiliki gradien yang cukup, sehingga membentuk jeram-jeram yang besar dan bentukan standing wave dengan Grade 2-3, yang ideal untuk dijadikan ajang Kejuaraan Arung Jeram, karena aksesnya yang mudah untuk pergerakan logistik dan operasi rescue, walaupun fasilitas umumnya tidak cukup memadai.

 

Saat ini, selewat 3 km dari garis Start, aliran Citarum bertemu dengan genangan Dam Cirata  sehingga membentuk aliran flat sampai Finish, sehingga menguras stamina para peserta sekaligus menguji ketahanan, teknik dan konsistensi dayungan. (BdY)

 

Klasemen SEMENTARA OVERALL sampai H-2:

 

(1).      Caldera B                              618 poin

(2).      MACAN Banten                    607 poin

(3).      SONGA B                              564 poin

(4).      BRIMOB Banten B                560 poin 

(5).      KAPINIS Gadamusa            478 poin

(6).      KAPINIS BOOGIE                 453 poin

(7).      BADUY Rafting                     438 poin

(8).      KAPINIS Barbar Fausta       405 poin

(9).      SONGA  A                             396 poin

(10).   CALDERA A                          393 poin

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org