FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

19 April 2009 04:21 AM

Citarum Open 2009 - SPRINT : BRIMOB Banten menghentak (up date - 1)

Source: Panitia Lomba

Hari pertama Kejuaraan Arung Jeram Citarum Open 2009 di Bandung Barat, 17 - 19 April 2008, dibuka oleh  Danrem 062 Taruma Negara Kol. Inf. M Rahmad mewakili Pangdam 3 Siliwangi. Dalam Kejuaraan ini diperlombakan Nomor SPRINT (merebut 100 poin), di  Nomor HEAD to HEAD (200 poin), nomor DOWN RIVER RACE (400 poin) di gelar hari kedua dan SLALOM (300 poin) yang digelar di hari ketiga. Lomba dibagi dalam beberapa Kelas yang dilombakan bersama : Kelas Umum yang diikuti 21 Tim, Kelas Pelajar Mahasiswa yang diikuti 29 tim dan Kelas TNI/POLRI yang diikuti 9 Tim. Dari Total 55 Tim Peserta yang bertanding, datang dari Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Timur dan tuan rumah Jawa Barat.  

Lomba dimulai dengan digelarnya Nomor SPRINT yang memperebutkan 100 poin. Tim BRIMOB - Banten B secara mengejutkan mengalahkan Tim-tim unggulan dengan merebut Juara, menghempaskan Tim unggulan SONGA Rafting - B dari Jawa Timur dan tim tuan rumah KAPINIS. Hasil ini merubah wajah pertarungan di Citarum Open yang sebelumnya diperkirakan hanya akan diramaikan oleh pertarungan Tim-tim unggulan seperti CALDERA, SONGA, KAPINIS dan NOARS, dengan tidak hadirnya tim unggulan lainnya ARUS LIAR dan REGULO.  

Tim BRIMOB Banten sebelumnya tidak diunggulkan, namun mampu membalik keadaan dengan persiapannya yang cukup matang, dengan hadir  seminggu lebih awal di lokasi Kejuaraan. Tim BRIMOB Banten selama ini juga sangat rajin mengikuti Kejuaraan yang digelar FAJI diantaranya Best of the Best (BOB) Serayu 2007, dan Kejurnas Merangin 2008. Tim BRIMOB ini sejak lama mendapat pelatihan arung jeram dari Yayasan Kapinis, seperti juga Tim-tim TNI/POLRI yang bertanding di Citarum OPEN 2009 kali ini. Kejutan juga dibuat oleh Tim Macan Banten yang tidak diunggulkan dan berhasil menduduki peringkat 3. Tim ini dimotori Herman DEBLENG, atlet arung jeram internasional Indonesia, yang pernah memperkuat Tim Indonesia saat berlaga di WRC Korea 2007. Herman DEBLENG, yang memulai karir atletnya di Tim Arung Jeram KAPINIS, juga salah satu dari sedikit Rafting Guide Indonesia yang memiliki lisensi Internasional dari IRF. Kini dia berkarir di Banten Rafting yang beroperasi di (Sungai) Ciberang Banten Sementara KAPINIS yang sedang menyiapkan diri untuk ikut serta di WRC (World Rafting Champhionship) di Bosnia bulan depan, menyisipkan anggota Tim utamanya dalam Tim-tim lokal dan Tim lapis keduanya, diantaranya : Kapinis Si Bolank, Kapinis Boogie,  Kapinis Barbar Fausta dan Kapinis Gadamusa. Sementara CALDERA yang dalam Kejurnas Merangin 2008 menduduki peringkat 3, kali ini mengirimkan 2 Tim, seperti juga SONGA Jatim.  (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org