FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

14 April 2009 11:02 AM

Kejuaraan Arung Jeram Citarum OPEN 2009 : Jambore

Source: Pengda FAJI Jabar

Pengda FAJI Jabar bekerja sama dengan Gada Musa Discovery pada tanggal 17 - 19 April mendatang, menggelar Kejuaraan Arung Jeram Citarum Open 2009, di (Sungai) Citarum, Cianjur.

Dalam Kejuaraan kali ini akan lengkap dilombakan nomor-nomor Sprint, Head To Head, Slalom dan Down River Race yang mengacu pada ketentuan Lomba IRF-FAJI.    Dan kali ini akan dipertandingkan berbagai Kelas lomba;  Pelajar/Mahasiswa, TNI/Polri dan Umum.

Menurut Wawan Purwana dari Kapinis Jawa Barat, yang menjadi pemrakarsa dari Kejuaraan ini, “Pembagian kelas ini dimaksudkan sebagai upaya pemasalan olahraga arung jeram, sekaligus pembinaan prestasi, dan dimaksudkan agar setiap kelompok mendapat lawan yang setara sehingga membangkitkan semangat untuk berprestasi”.   

Pola penyelenggaraan Kejuaraan Arung Jeram multi kelas seperti ini memang harus lebih sering di selenggarakan untuk mengurangi kesenjangan prestasi yang cukup besar antara para peserta. Kelompok penggiat arung jeram dari pelajar dan kampus selama ini makin tergeser prestasinya oleh peningkatan prestasi dari kelompok operator wisata, walaupun di tingkat Nasional dominasi ini mampu diterobos oleh Tim Kapinis yang non operator arung jeram, dan kini prestasinya sudah membumbung ke atap dunia (Runner-up Best of the Best – Serayu 2007, Juara Nasional Batang Merangin-2008, Juara 3 World Cup – Japan 2008).  

Yang unik dari penyelenggaran Kejuaraan Arung Jeram Terbuka kali ini adalah, Panitia penyelenggara tidak akan repot mengurus akomodasi dan logistik peserta, mereka hanya membantu secara terbatas saja. Kali ini peserta akan diminta untuk mandiri mengurusi segala hal ikhwal kepentingan Timnya, sementara Panitia akan focus pada urusan lombanya saja. Inovasi ini dimaksudkan untuk mengurangi beban Panitia yang biasanya ngos-ngosan mencari sumber dana dan sponsorhip, sekaligus mendidik peserta untuk mampu mandiri.  

Animo peserta cukup menggembirakan, sampai saat ini, 11 April 2009, sebanyak 67 Team sudah terdaftar di Panitia, terdiri dari 20 Tim TNI/Polri, sementara Pelajar/Mahasiswa dan Umum telah terdaftar 40 Tim. Begitu banyaknya peserta dari berbagai kelompok peserta akan menjadikan Kejuaraan ini bak Jambore arung jeram Indonesia, seperti Kejurnas-kejurnas yang silam.  

Dari meja pendaftaran Panitia telah dicatat, pendaftar TNI/POLRI diantaranya  dari Brimob Jabar, Brimob Banten, Sat Pelopor Brimob, Sub Den Gegana, Paskhas, Marinir Jakarta, Marinir Surabaya. Kelompok Umum diantaranya telah mendaftarkan diri operator wisata arung jeram seperti  Noars, Songa dari Jawa Timur, Caldera dari Citarik – Sukabumi, Baduy Rafting dari Ciberang, Lebak-Banten juga tuan rumah  Kapinis. Perwakilan FAJI Daerah diantaranya dari Pengcab FAJI Kota Tasik, Kab. Tasik, Pencab Kota Malang dan Tangerang.   

Dan dari kelompok pelajar/mahasiswa yang telah mendaftar diantaranya Mahacita UPI, Pamor UPI, Gerhana UNIGA, Mapala UNAND dari Padang - Sumbar, Swatala UMB, Maars UNPAD, Kappa UNPAD, Palawa UNPAD, Unit SAR Unpad, Yon 2 UNPAD, Caldera UNPAD, Maperpa Unwim, Univ Muhammadiyah Ponorogo, Pramuka Bahari Ranita UIN, Univ Merdeka Malang. Beberapa Tim-tim umum lainnya juga tutut serta seperti  tuan rumah Si Bolang Citarum, Tim Noken dan masih banyak lagi.  

Pertarungan seru pasti kembali terjadi di kelas Umum dengan hadirnya beberapa Tim unggulan nasional seperti Kapinis, Noars dan Songa dari Jawa Timur. Dapat diduga bahwa Tropy Juara akan diperebutkan secara ketat   oleh Tim-tim ini. Kapinis tentu akan tetap mempertahankan prestasi kelas dunianya, sementara Noars yang pernah menjadi Juara di Asahan dan Runner-up Nasional, demikian juga Songa Rafting, yang pernah peringkat 3 Nasional dalam Best of the Best 2007 lalu, pasti berusaha keras untuk menjadi yang terbaik. Arus Liar salah satu Tim terbaik di Indonesia saat ini (Juara Best of the Best Serayu 2007, Runner-up World Cup – Japan 2008) sampai saat ini belum mendaftarkan diri. 

Kalau saja Arus Liar dan REGULO Rafting - Jatim berpartisipasi, Kejuaraan ini akan setara dengan sebuah Kejurnas, dimana Tim-tim unggulan komplit turut serta, karena unggulan Sumatra Utara juga telah mengirimkan 2 (dua) Tim dari Asahan. (BdY)   

Note:
Untuk info Kejuaraan selanjutnya hubungi Kang Wawan Purwana (0817 623 700 - 0812 88 78 22 25 email : kapinis_wp95@yahoo.com) atau Jenggo (0812 144 7899).

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org