FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

15 October 2008 12:13 AM

Indonesia berlaga di World Cup Japan (up date-1)

Source: Amalia Yunita


International Rafting Federation (IRF) sebagai induk organisasi internasional bagi olah raga arung jeram kembali menyelengarakan 2008 IRF Rafting World Cup Series di Nagara River, Gifu, Jepang. Kegiatan yang akan berlangsung 11-13 Oktober 2008 ini merupakan bagian dari Nagara-gawa Whitewater festival yang merupakan even arung jeram terbesar di Jepang karena juga merupakan peringatan ke-15 untuk penyelenggaraannya.


Kegiatan ini semula masuk kategori kejuaraan regional tingkat Australasia yang diagendakan setiap dua tahun sekali. Namun perkembangan kompetisi kejuaraan arung jeram yang semakin marak, membuat para peserta tidak lagi membatasi diri dengan hanya bertanding di region nya sendiri. Dengan ikut sertanya tim-tim kelas atas dunia dari luar Australasia seperti Czech, Russia dan Kazakhstan, kejuaraan ini masuk dalam kategori World Cup Series.


Perubahan tersebut akhirnya juga membuka peluang lebih banyak pada tim-tim Indonesia untuk menambah kuota yang berlaku dari dibatasi hanya 2 tim dari tiap negara menjadi tak terbatas.
Sayangnya kesempatan ini tak bisa dinikmati seluruh tim dari 10 tim arung jeram unggulan Indonesia. Kendala terbesar kepesertaan bagi Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) dan tim-tim Indonesia menyangkut masalah non teknis klasik seperti pendanaan. Dengan dukungan dana yang terbatas oleh masing-masing tim, 3 tim yang akhirnya mewakili Indonesia di ajang kejuaraan dunia tersebut adalah Kapinis, Arus Liar Casio (Putra) dan Mapala UI (Putri).

 

Prestasi tim arung jeram Indonesia pada World Rafting Championship 2007 yang lalu di Sungai Naerinchon, Korea, tak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai tim pendatang baru, Tim Indonesia yang saat itu langsung masuk ke deretan papan tengah di ranking 12, disebut sebagai “The Rising Star” oleh Raffael Gayo, President IRF pada pidato penutupannya.


Di kejuaraan terbuka di Qing Yuan, China Mei 2008 yang lalu, Indonesia yang diwakili tim Arus Liar Eiger juga berhasil menggungguli lawan terdekatnya Australia dan New Zealand dan masuk ke ranking 8.
Saat ini ke-3 tim Indonesia telah berada di Nagara Gifu, melepaskan kesempatan berhari raya bersama keluarga masing-masing untuk berlatih di medan yang akan menjadi arena pertandingan sesungguhnya. Doa restu dari seluruh pemerhati tim arung jeram Indonesia kami harapkan, semoga mereka dapat mengukir nama Indonesia dalam catatan sejarah arung jeram prestasi tingkat dunia.


Amalia Yunita
Pengurus Besar
Federasi Arung Jeram Indonesia

 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org