FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

15 October 2008 03:23 AM

Japan World Cup : INDONESIA Quantum Leap (up date-2)

Source: Amalia Yunita, IRF

Dalam Kejuaraan  IRF World Cup Japan 2009 yang diselenggarakan pada tanggal 11 – 13 Oktober  2008, yang dilombakan dalam  Kejuaraan Antar Benua Arung Jeram IRF Australasia (IRF Australasia Rafting Champhionships) yang berlangsung di Nagara-river, Gifu, Jepang, diluar perkiraan Indonesia mampu mengungguli Tim-tim besar termasuk Peringkat 1  Dunia, Chezh. Dalam perhitungan akhir Indonesia mampu menempati peringkat 2  dan 3, dan hanya kalah dari tuan rumah Jepang, dan melibas salah satu raksasa Australasia, Australia. 

 

 

Indonesia yang mengirimkan 3 (tiga) Tim, masing-masing 2 (dua) Tim Putra, Arus LIAR dan Kapinis Bandung , dan 1 (satu) Tim Putri, Mapala UI, mampu memberikan kebanggaan yang luar biasa kepada seluruh bangsa atas prestasinya di ajang kejuaraan arung jeram kelas dunia yang sangat bergengsi ini. Pasukan Laskar Pelangi yang juga dihadapkan pada berbagai kesulitan pendanaan ini mampu membuktikan bahwa para pengarung jeram Indonesia kini tidak bisa diremehkan lagi. 

Saat Kejuaraan Dunia Arung Jeram di Korea tahun 2007  lalu,  Indonesia secara mengejutkan menjadi Rookie of the Champs dengan menduduki Peringkat 12 Overall, dan Ranking 2 Asia setelah Jepang dan Rangking 3 AustralAsia setelah Jepang dan Australia. Dengan hasil World Cup kali ini, Indonesia tidak saja menjadi raksasa AustralAsia namun telah menjadi raksasa arung jeram dunia… a quantum leap…..satu lompatan yang luar biasa, karena awalnya Indonesia yang peringkat 12 Dunia ini hanya mentargetkan masuk peringkat 5 (lima) besar.  

(http://www.intraftfed.com/competition/results/WRCResults2007.pdf).  

Sampai saat ini belum didapat detail peringkat setiap nomor lomba, demikian juga hasil dari nomor putri. Kejuaraan kali ini merupakan kegiatan ganda, dimana dilangsungkan 2 (dua) event secara bersamaan, IRF World Cup 2008 dan IRF AustralAsian Rafting Championship. Dengan demikian Negara-negara Asia-Austarlia dapat sekaligus mengikuti 2 lomba dalam waktu yang sama, hanya saja hasilnya akan dipisahkan untuk masing-masing kategori lomba dan Kejuaraan.

Dengan ikut sertanya beberapa Tim peringkat 10 besar dunia termasuk Czech, yang menjadikan Kejuaraan ini sebagai ajang pemanasan Kejuaraan Dunia di Bosnia tahun 2009 mendatang, maka hasil Kejuaraan kali ini dapat merefleksikan kekuatan arung jeram dunia saat ini. Dan Indonesia kini menempati kelompok papan atas dunia.   Selamat… sekali lagi selamat… anda semua patut di banggakan. (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org