FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

01 August 2008 06:49 PM

Kejurnas Merangin 2008 : Jabar kuasai Time Trial & Head to Head >> Ajaib (up date-1)

Source: Wawan Purwana

Event Kejurnas Arung Jeram Merangin 2008,  Jambi  dibuka hari ini, Kamis 31 Juli, langsung oleh Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, sebagai salah satu mata acara nasional  Visit Indonesia 2008. Kejurnas Arung Jeram ini diselenggarakan oleh Pemkab Merangin atas dukungan Pemerintah Provinsi Jambi, bekerjasama dengan FAJI dalam hal teknis lomba arung jeram, pelatihan juri dan rescue.  

Dalam event ini rencananya juga akan dilaksanakan Sertifikasi Kompetensi Teknik Pemandu Wisata Arung Jeram, sesuai dengan Stardarisasi Pemandu Wisata Arung Jeram Indonesia yang telah disepakati bersama Pemerintah CQ Departemen Pariwisata dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) serta stake holder arung jeram, bulan Desember 2007 lalu.  Hari pertama Kejurnas Arung Jeram Batang Merangin Jambi dimulai dengan lomba di nomor Time Trial & Head to Head yang memperebutkan 100 poin dari total 1000 poin. Mata lomba lainnya, Head to Head Parrallel  Sprint dengan 200 point, Down River dan Slalom, masing-masing memperebutkan 400 dan 300 poin. 

Di nomor Time Trial kelas Putra, Pengda Jabar yang mengirimkan 2 (dua) Tim langsung menggebrak dengan menempatkan Tim Jabar 1 - Kapinis dan Tim Jabar - 2, di peringkat 1 dan 2. Sedangkan DKI menempatkan Tim DKI 3 - Kaldera di peringkat 3 disusul Tim Banten 1 - Brimob di peringkat 4. Sedangkan Juara Best of the Best 2007, Tim DKI 1 Arus Liar hanya meraih peringkat 5.  

Tim Jabar 1, yang sempat dianggap tidak siap karena kehilangan skeeper andalan tingkat internasionalnya, Herman Debleng  yang kini berlomba dibawah panji Tim Macan Banten-2 Ciberang Rafting, rupanya hanya ingin menyembunyikan kekuatan sebenarnya. Tim Jabar - Kapinis memang salah satu pilar kekuatan arung jeram Indonesia, sejak Kejurnas Citarum 2001, dimana Tim ini meraih runner-up di kelas Pro dan bahkan meraih juara di Kejurnas 2005. Di event Best of the Best 2007 Serayu, Tim Jabar - 1 Kapinis meraih runner-up dan Tim Jabar-2nya meraih Juara di Kelas Umum. Dalam Kejuaraan Arung Jeram Dunia (WRC) di Korea 2007 lalu, Tim Indonesia dibentuk terutama dari Tim Arus Liar EIGER dan Tim Kapinis, yang merupakan Juara. dan Runner-up di Event seleknas Best of the Best di Sungai Serayu 2007 yang lalu. 

Sementaran Tim Jatim 1 - Noars yang pernah menjuarai Festival Arung Jeram Asahan 2006, harus puas di peringkat 11. Demikian juga Tim-tim peringkat atas di Kejuaraan Arung Jeram Terbuka Alas yang digelar 21-27 Juli lalu, terlempar dari 8 besar, diantaranya Tim Aceh - Jeram Alas 2 di peringkat 9 (rank 2 di Alas) dan Tim Sumut-1 Kantor SAR Medan-YSI hanya di peringkat 10 (rank-3 di Alas). Hal ini menunjukkan tingginya tingkat persaingan dan kwalitas Tim yang hadir dalam event  Kejurnas ini. 

Kejuaraan yang diikuti 15 Tim dari  6 Provinsi ini juga diikuti oleh 3 Tim Putri. Pemenang Kelas Putri dihitung berdasarkan peringkat, walau lomba dilaksanakan bersama Kelas Putra.  

Pada lomba kedua yang melombakan nomor Head to Head, Gubernur Jambi mengibarkan bendera dimulainya lomba, dengan start pertama Tim Jabar-1 Kapinis yang ditantang peringkat 5 Time Trial, Tim DKI 1 Arus Liar EIGER. Tim Jabar 1 unggul atas lawan-lawannya yang membuatnya leading di nomor Head to Head ini. Hasil lomba nomor Head to Head secara ajaib tidak merubah satupun peringkat 1-8 nomor Time Trial, sehingga Tim-Tim Putra Jabar menyapu bersih kemenangan di hari pertama. Nomor Head to Head yang hanya dipertandingkan diantara peringkat 1-8 Kelas Putra. 

Dalam event ini juga terjadi musibah meninggalnya salah seorang crew panitia lokal,  Firman Efendi, yang hanyut saat mandi berenang, pada hari rabu 29 Juli jam 10 pagi. Jenazah ditemukan setelah hilang selama 2 hari, dan telah disemayamkan di rumah duka keluarganya hari ini di kota Jambi. Inna lillahi wa inna illaihi rojiun. (BdY) 

Daftar Peringkat Sementara Hari-1 : 

(Berdasarkan laporan Kang Wawan Purwana dari lokasi Kejurnas Arung Jeram 2008 - Batang Merangin di Kab. Batang Merangin Prov. Jambi) 

Nomor Time Trial dan Head to Head

Kelas Putra :

1. Tim Jabar 1 - Kapinis

2. Tim Jabar 2

3. Tim DKI 3 - Kaldera

4. Tim Macan Banten 1 - Brimob

5. Tim DKI 1 - Arus Liar EIGER

6. Tim Macan Banten 2 – Ciberang Rafting

7. Tim Jatim 2 - Pengcab FAJI Kota Malang

8. Tim Jambi 19. Tim Aceh - Jeram Alas

10. Tim Sumut - SAR Medan & YSI Belawan

11, Tim Jatim 1 - NOARS

12. Tim Jambi 2 

Kelas Putri :

1. Tim DKI 2 - Kaldera

2. Tim DKI 1 - Mapala UI

3. Tim Jabar Putri - Kapinis 

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org