FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

News

18 October 2005 08:45 AM

Global Rescue Network back up Kejurnas : Reuni

Source: PB FAJI

Organisasi Rescue skala regional Global Rescue Network (GRN ( www.globalrescuenetwork.org) dipastikan mendukung kegiatan Kejurnas Arung Jeram Citarum 2005.  Freddy Soetrisno, Ketua GRN, yang juga salah satu dedengkot organisasi penjelajah gunung-rimba Wanadri, dalam telewicara dari Australia menyatakan “kami akan membantu sepenuhnya kegiatan Kejurnas Arung Jeram FAJI – Marinir, terutama dalam operasi rescue. Ini salah satu program kami untuk konsolidasi dan menajamkan kemampuan SAR, setelah Operasi Rescue Aceh-Nias. Lagi pula FAJI adalah salah satu unsur pendukung  terbesar dalam organisasi kami”.

Dalam Operasi Kemanusian Pesisir Barat Aceh dan Nias, GRN menjadi salah satu pioneer pembukaan daerah-daerah yang sulit ditempuh dan ditembus dengan cara-cara konvensional. Mengandalkan jaringan yang luas, dalam maupun luar negeri termasuk pihak separatis di Aceh, GRN mampu melakukan operasi rescue garda depan dengan dukungan luas dari minggu pertama bencana sampai kemudian ditarik dari Aceh 5 (lima) bulan sesudahnya. Bahkan di Nias, garda depan GRN, mampu memobiliasi peralatan dan kendaraan Rescue pada hari kedua bencana.

Operasi GRN di Aceh yang sering mendapat liputan media elektronik, selain didukung oleh FAJI dan Pengda FAJI Sumut, juga KSR UKI yang mendominasi personil mediknya,  IDTUG (Indonesia Telecommunications Users Group – www.idtug.net), ORARI, IOF juga beberapa kelompok filantropis lainnya seperti Taruna Owners Club & PWC (Price Waterhouse Cooper). Berbagai LSM – Lembaga Donor dalam dan luar negeri, seperti Posko BUMN, WWF, WALHI, Renci-Code4 Singapore, Walubi, UNICEF, UN OCHA, IOM dan banyak lagi,  memberikan dukungan dan kepercayaan yang luas terhadap operasi GRN di Aceh.  Di Aceh GRN memobilisasi bantuan medik garda depan (frontier medic operation) sebagai unit tanggap darurat (ERU – emergency response unit), juga melakukan operasi bantuan kemanusiaan (relief operation).
 
Di Kejurnas Citarum 2005, GRN akan melakukan mobilisasi peralatan dan personil rescue, untuk membantu operasi river rescue dan pelayanan medik selama Kejuaraan berlangsung. Hal ini akan memberi rasa aman kepada seluruh pelomba dan panitia, sehingga diharapkan tidak terjadi insiden yang fatal bila terjadi kondisi emergency, kejadian yang sangat memungkinkan di kegiatan arung  jeram yang penuh tantangan, apalagi suasana kompetisi yang kadang membuat lengah terhadap potensi bahaya yang nyata (potensial danger). Operasi Rescue di Kejurnas Citarum 2005, rasanya akan menjadi ajang reuni dari para volunteer GRN yang hampir mencapai 200 orang, setelah operasi Rescue Aceh yang heroik. (BdY)

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org