FAJI is Member of
International Rafting Federation
Since 2000

Event

C i t a r u m

bagian dari sejarah arung jeram

 

Berbicara tentang sejarah arung jeram Indonesia, memang kita tak bisa lepas dari Sungai Citarum dan juga Wanadri. Kelompok inilah yang menggelar kegiatan arung jeram pertama kali di Indonesia, Citarum Rally 1975. Dengan bermodalkan keberanian dan jiwa perintis, kegiatan ini telah menghimpun anak-anak muda di Bandung pada waktu itu untuk berpartisipasi.

Dua tahun kemudian, digelar perlombaan kedua, dan namanya berganti menjadi Lomba Arung Sungai Citarum-II (LASC II) 1977.  Lomba ini didatangi berbondong-bondong peserta yang siap dan berani mengambil resiko bahkan diantaranya diikuti “Serikat Pemburu Tua” para senior yang tetap bersemangat mengikuti ‘permainan’ baru ini.

Setelah dua perlombaan di Citarum itu, 1975 dan 1977, kegiatan arung jeram yang oleh kelompok Wanadri diberi nama ORAD (Olah Raga Arus Deras) baru resmi diperkenalkan dalam kurikulum pencinta alam Indonesia pada Gladian V Cipatat tahun 1978.

Tahun 1987 di Citarum dibangun waduk dan kelompok-kelompok pengarung jeram kehilangan sebagian riam jeram terbesarnya. Namun beberapa kelompok penggiat arung jeram dan kayak masih tetap dapat menjadikan sungai ini tempat bertualang, terutama saat pintu turbin dibuka.

Menurut surat Iwan Bungsu kepada Othy Mamahit; keduanya sesepuh Wanadri, peranan Wanadri hanya mempopulerkan ORAD sebagai olahraga, rekreasi, sarana mendidik diri dsb, namun keahlian mengarungi sungai sudah lama dikuasai oleh suku-suku Dayak di hulu sungai Kalimantan dan mungkin juga suku-suku lain di hulu-hulu sungai lain di Indonesia.

Terlepas dari itu semua, Citarum kembali menorehkan sejarah. Lebih dari delapan ratus partisipan panitia dan pengarung jeram berkumpul untuk bersama dalam satu ‘pesta arung jeram akbar’  dalam Kejurnas Arung Jeram Citarum 2001. Kini kemabali pesta akbar arung jeram di gelar dalam rangka Peringatan Hari Marinir ke 60. dalam Kejurnas Arung Jeram Citarum 2005. Hampir 40 Tim dari Pengda FAJI di Indonesia, dan 20 Tim dari Instansi Militer, akan berburu waktu dan prestasi dalam ajang besar ini. Kesemuanya berkeinginan untuk memajukan olahraga prestasi arung jeram di Indonesia. Bravo.

Amalia Yunita

 

Follow twitter : @PB_FAJI | Facebook Group : Federasi Arung Jeram Indonesia | Email : pb_faji@faji.org